09:21 WIB
Sabtu, 1 November 2014
Senin, 5 September 2011 14:31 WIB

Musik Pop Daerah Tetap Digandrungi

Johannes Sutanto de Britto
Pop Batak
Pop Batak

JAKARTA, Jaringnews.com – Jangan dikira jenis musik yang satu ini tidak digemari masyarakat Indonesia. Kehadiran jenis musik pop daerah di belantikan musik Indonesia ternyata mendapat sambutan yang positif di hati pecinta musik.

Hasil survei yang dilangsir Litbang KOMPAS dalam bentuk grafik, Minggu, 4/9 menunjukkan indikasi yang mengejutkan. Meskipun gaya bermusiknya masih terbilang sederhana dan kurang glamour, musik pop daerah ternyata masih sangat digandrungi. Dipastikan, jenis musik ini akan terus diminati.

Dua dari tiga responden mengaku suka mendengarkan musik pop daerah mereka masing-masing. Sebanyak 75 % responden menyatakan suka mendengarkan musik daerah, sebanyak 23,6% menyatakan tidak suka dan sisanya menyatakan tidak tahu.

Meski pangsa pasar musik daerah masih sangat terbatas, para responden menyatakan optimismenya terkait kemajuan musik ini. Musik pop daerah akan terus bertahan dan makin berkembang.

Optimisme masyarakat Indonesia ini tentu didasari oleh rasa dan semangat lokalitas yang dimiliki para responden. Musik daerah menjadi kebanggaan setiap orang  sekaligus menjadi penanda identitas kedaerahan mereka. Selain itu, jenis musik pop daerah bisa menjadi obat  penawar rindu bagi siapapun yang merantau. Kerinduan akan kampung halaman terobati dengan mendengarkan musik pop daerah.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari