03:51:40 WIB
Selasa, 27 Juni 2017
Sabtu, 31 Agustus 2013 , 10:31 WIB

Tegal Alun, Hamparan Edelweis di Puncak Papandayan

Nico Arief Jauhari
47602-Edelweis di Tegal Alun tak boleh sembarangan dipetik, ia memerlukan waktu hingga lima tahun untuk tumbuh dan berbunga (Jaringnews/Nico Arief Jauhari)
Edelweis di Tegal Alun tak boleh sembarangan dipetik, ia memerlukan waktu hingga lima tahun untuk tumbuh dan berbunga (Jaringnews/Nico Arief Jauhari)

Tegal Alun adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Bunga Abadi

JAKARTA, Jaringnews.com - Ada sejumlah tempat wisata menarik yang dapat ditelusuri jika Anda berencana jalan-jalan ke Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Papandayan tentunya menjadi opsi yang wajib dipertimbangkan oleh para traveller.

Tak hanya panoramanya yang menawan, namun gunung setinggi 2665 dpl itu juga menyimpan berjuta keanekaragaman, termasuk hamparan surga pepohonan Edelweis. Tegal Alun adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan Bunga Abadi tersebut.

Meski akses dari basecamp di Pondok Saladah cukup berliku dan terjal, rasa letih seketika sirna ketika memandangi pelataran Edelweis seluas 80 hektare di Tegal Alun.

Di sekeliling mata yang tampak hanya Edelweis dan pegunungan. Belum lagi udara sejuk yang menemani, semakin membuat kaki enggan beranjak. Sungguh suatu pengalaman yang indah.

Namun, ada hal yang harus diperhatikan. Pepohonan Edelweis di Tegal Alun berstatus cagar budaya atau dilindungi. Jadi, para traveller gak boleh sembarangan memetik bunga ini. Sebab, Edelweis memerlukan waktu hingga lima tahun untuk tumbuh dan berbunga.

Papandayan sebenarnya memiliki tiga tempat lain bagi para traveller yang berminat melihat bunga bernama latin Alphanus Javanica tersebut, yakni di Guberhut, Pondok Saladah, dan Tegal Panjang.

Edelweis yang berada di Guberhut dan Pondok Saladah termasuk ke dalam Taman Wisata Gunung Papandayan. Sedangkan, golongan yang dikelompokkan sebagai cagar budaya bertempat di Tegal Alun dan Tegal Panjang.

So, bagi Anda yang masih bingung mengisi waktu berlibur, cobalah nikmati eksotika Edelweis di Tegal Alun!

( Naj / Mys )

Komentar