20:43 WIB
Senin, 24 November 2014
Senin, 24 Desember 2012 08:53 WIB

Tips Keamanan Kamar Hotel Saat Libur

JaringNews
Menjaga keamanan kunci pintu kamar hotel sangat penting saat liburan (Foto - gomonews)
Menjaga keamanan kunci pintu kamar hotel sangat penting saat liburan (Foto - gomonews)

Ketika memilih kamar hotel, pastikan kalau pintu masuk kamar hotel Anda berada dalam kondisi yang baik

JAKARTA, Jaringnews.com - Musim liburan telah tiba. Tentu banyak rencana akan segera terwujud bersama pasangan bahkan keluarga untuk mengisi libur ke luar kota. Hotel tak bisa lepas dari kepentingan libur Anda. Sebagai pilihan yang tepat juga agar tak merepotkan keluarga di kota atau daerah tujuan liburan.

Walau kamar hotel tampak aman saat ditinggal untuk jalan-jalan, kewaspadaan tetaplah tertanam di diri Anda. Kriminalitas akan terjadi dimana saja, tak terkecuali di hotel tempat Anda menginap. Untuk itu, ikuti 4 tips terkait bepergian liburan dari buku The Lonely Planet Book of Everything yang dikutip oleh News Australia, Jumat (30/11);

1. Cek barang-barang berharga
Sebelum berangkat liburan, buatlah daftar barang-barang berharga yang Anda miliki. Catat juga model dan nomer seri yang ada di barang Anda. Jangan lupa untuk memotret barang berharga Anda. Selain itu, Anda disarankan mempertimbangkan untuk mengansuransikan barang-barang berharga.

2. Apakah kamar hotel aman?
Ketika memilih kamar hotel, pastikan kalau pintu masuk kamar hotel Anda berada dalam kondisi yang baik. Sebaiknya Anda juga mengecek bagaimana sistem keamanan hotel, termasuk kamera pengintai.

3. Siapkan semua hal
Ketika akan meninggalkan kamar hotel untuk jalan-jalan, pastikan lampu kamar tetap menyala. Anda juga boleh membiarkan televisi dan radio kamar menyala. Pastikan juga Anda telah menutup seluruh jendela, pintu, termasuk pintu balkon agar orang luar tidak bisa melihat bagian dalam kamar.

Jika Ada telepon di dalam kamar, kecilkan volume dering seminimal mungkin. Jadi orang lain tidak bisa mendengar ketika telepon berdering.

Rapikan barang-barang bawaan Anda masuk ke dalam koper sebelum Anda meninggalkan kamar. Jika memiliki kunci, sebaiknya kunci juga koper Anda. Jadi, kalau ada orang lain yang masuk ke dalam kamar Anda, ia tidak akan menemukan apapun.

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan jika ingin meninggalkan kamar hotel adalah jangan kembalikan kunci kamar Anda ke meja resepsionis ketika akan meninggalkan hotel. Ini sama saja dengan Anda memberitahu banyak orang yang melihat kalau akan meninggalkan hotel.

Jangan pernah meninggalkan uang, perhiasan atau paspor di dalam kamar hotel. Kalau pun memang harus meninggalkan, pastikan Anda telah menyimpannya di tempat yang tersembunyi. Namun, biasanya hotel meletakkan brankas yang bisa digunakan oleh tamu. Anda boleh memanfaatkan fasilitas ini, dengan menyimpan barang-barang berharga di dalam brankas.

4. Selalu waspada saat di dalam kamar
Tindakan waspada tetap harus dilakukan meski Anda berada di dalam kamar. Salah satunya adalah mengunci pintu kamar dengan baik. Jika ada seseorang yang mengetuk kamar dan Anda tidak mengenalnya, jangan pernah membuka pintu.

Untuk menambah keamanan, letakkan pengganjal di balik pintu kamar, misalnya kursi. Jadi, kalau ada orang jahat tidak bisa memaksa masuk ketika Anda sedang tertidur lelap. Anda juga bisa membuat alarm sendiri sebagai tanda peringatan. Misalnya dengan meletakkan gelas atau benda lain yang bisa berbunyi ketika pintu dibuka. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah simpan ATM, kartu kredit dan uang di tempat yang terpisah ketika Anda tidur.

5. Koordinasi dengan pihak keamanan
Ketika mengetahui hal yang mengarah ke tindakkan kriminal, segera keluar kamar, selanjutnya hubungi keamanan hotel.
 

(Mys / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari