17:43 WIB
Selasa, 29 Juli 2014
Senin, 17 Juni 2013 11:25 WIB

Tolak Kenaikan Harga BBM, PKS Akan Buat Postur APBN Sendiri

Suci Astuti
Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid

BLSM hanya memberikan bantuan terhadap 15 juta rakyat miskin, padahal orang miskin di Indonesia lebih dari 50 juta orang.

JAKARTA, Jaringnews.com - Ketua FPKS Hidayat Nur Wwahid mengatakan PKS akan membuat postur APBN tandingan yang menguatkan pandangan PKS bahwa BBM tidak perlu dinaikkan oleh pemerintah saat ini. PKS menginginkan peningkatan sumber-sumber pemasukan negara tanpa membebani rakyat.

Menurut Hidayat Nur Wahid, penolakan PKS terhadap kenaikan haga BBM tersebut sekaligus penolakan pada kompensasi BLSM yang dicanangkan pemerintah terhadap kalangan masyarakat tidak mampu.

Ia beralasan BLSM hanya memberikan bantuan terhadap 15 juta rakyat miskin, padahal orang miskin di Indonesia lebih dari 50 juta orang.

"Sikap FPKS menolak kenaikan harga BBM. Paripurna bahas APBNP 2013. Sikap PKS menolak sehigga tidak ada BLSM. PKS akan sampaikan postur APBNP tandingan, dengan hitungan BBM tidak perlu naik, tapi dengan meningkatkan sumber-sumber pemasukan negara tanpa membebani rakyat." kata Hidayat Nur Wahid di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/6/2013).

"Solusi yang kami usulkan menaikkan pajak seperti pajak kendaraan bermotor. Menekan saldo bbm sehingga tidak membebani rakyat," tambah dia.

Hidayat Nurwahid menambahkan sesuai dalam pasal 33 UUD fakir miskin dipelihara negara, sehingga bantuan untuk rakyat miskin bukan sementara tapi seterusnya. Dan sikap penolakan PKS ini merupakan keputusan rapat mejelis syuro termasuk DPTP PKS.

Sedangkan tiga menteri PKS menurut Hidayat Nurwahid, tidak terikat untuk bersikap menolak atau menerima.

"Tiga menteri adalah pembantu presiden yang sepakati court of conduct. PKS juga tidak punya ruang untuk menarik tiga menteri. Itu kewenangan presiden untuk mempertahankan atau mengganti menteri," jelas dia.

"PKS tidak hadir pada rapat setgab karena tidak diundang. PKS tidak masalah diundang atau tidak. Tapi sikap PKS soal kenaikan harga BBM jelas," pungkasnya.

(Sat / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari