07:55 WIB
Kamis, 24 April 2014
Rabu, 6 Februari 2013 16:19 WIB

PMI Diminta Urus TKI Dianiaya

Achmad Adhito Hatanto
Nova Riyanti Yusuf
Nova Riyanti Yusuf

Yang bekerja adalah representasi PMI di negara tersebut.

JAKARTA, Jaringnews.com -- Palang Merah Indonesia (PMI) harus ikut mengurus TKI (tenaga kerja Indonesia) yang telantar ataupun dianiaya di negara lain. Sebab, lembaga sejenis di negara lain telah banyak mengurus persoalan yang lebih luas seperti masalah pembebasan tawanan perang. Anggota Komisi IX DPR RI, Dina Mahdi, mengatakan hal itu di Jakarta hari ini.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nova Riyanti Yusuf, mengatakan bahwa untuk peran seperti itu, PMI tentunya perlu berkoordinasi dengan lembaga  seperti Palang Merah Internasional.

Merespons imbauan itu, Ketua Umum PMI, M. Jusuf Kalla, mengatakan bahwa untuk membantu TKI yang telantar ataupun teraniaya, pihaknya bekerja sama dengan banyak jaringan internasional. Itu dengan pertimbangan kemanusiaan.

Untuk hal-hal seperti itu, Kalla menambahkan, PMI telah berbicara dengan lembaga Pemerintah Indonesia seperti Kementerian Luar Negeri dan lain-lain. "Kami pun sudah berkoordinasi dengan jaringan di Yordania dan Kuwait dalam menangani masalah TKI teraniaya."

Maka, ucap Kalla, dalam hal itu yang bekerja adalah representasi PMI di negara tersebut. "Dalam hal ini, kami tidak langsung hadir di sana," kata Kalla.

(Dhi / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari