22:50 WIB
Selasa, 30 September 2014
Kamis, 27 Maret 2014 11:43 WIB

Pemenang Pemilu 2014 Masih Didominasi Parpol Lama

Ralian Jawalsen Manurung
Yunarto Wijaya (Jaringnews/Novel Martinus)
Yunarto Wijaya (Jaringnews/Novel Martinus)

Partai Golkar lebih andalkan isu Soeharto

JAKARTA, Jaringnews.com - Hasil survei Charta Politika Indonesia merilis pemenang Pemilu  2014 masih didominasi partai politik lama, sementara Partai Gerindra berhasil menyodok Partai Demokrat di posisi tiga besar.

Hasil survei tersebut memprediksi Tiga Partai Politik akan memenangkan Pemilu legislatif diantaranya partai PDIP, Golkar dan Gerinda.

“Dari hasil survei pada Desember 2013 partai PDIP dari eletabilitas 15,8  persen, dan Maret menjadi  21,2 persen. Sementara suara Golkar naik dari 12,6 persen menjadi 16,4 persen,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, di Jakarta, Rabu (26/3).

Survei dilakukan pada 1-8 Maret 2014 terhadap 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan Metode penelitian yang dilakukan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen

Lanjutnya, Partai Gerindra berhasil menggeser posisi Partai Demokrat dari tiga besar. Elektabilitas partai Gerindra hanya 7,8 persen, naik menjadi 12 persen. Sementara, Partai Demokrat yang memperoleh suara (8 persen), PKB (7,2 persen), dan PPP (5,1 persen).

Dia mengemukakan, naiknya tiga parpol itu dikarenakan lebih kepada sosok calon Presiden yang diusung oleh masing-masing Partai, seperti PDIP yang mengusung sosok Jokowi, dan Gerinda dengan sosok Prabowo.

“Partai Golkar, lanjutnya, perolehan suara tetap mengandalkan sosok kepemimpinan Soeharto yang diklaim paling berjasa dalam mengawal pembangunan di Orde Baru,” ungkapnya.

 
 

(Ral / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini