12:09 WIB
Minggu, 26 Oktober 2014
Rabu, 26 Februari 2014 15:14 WIB

Jelang Pileg 2014, KPUD Sumbar Gelar Simulasi

Ikhwan Iwan
Simulasi pelaksanaan dan tata cara Pemilu Legislatif (Pileg) terhadap perwakilan KPPS di Kota Padang (Foto - Ikhwan Iwan)
Simulasi pelaksanaan dan tata cara Pemilu Legislatif (Pileg) terhadap perwakilan KPPS di Kota Padang (Foto - Ikhwan Iwan)

Sekarang ada formulir C1 yang berhologram

PADANG, Jaringnews.com - KPUD Sumatera Barat menggelar simulasi pelaksanaan dan tata cara Pemilu Legislatif (Pileg) terhadap perwakilan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) dan sejumlah masyarakat bertempat di halaman belakang KPU RI, Kota Padang, Rabu (26/2) pagi.

Simulasi ini dilakukan layaknya seperti Pemilu semestinya. Mulai dari pendaftaran pemilih kepada KPPS hingga simulasi pemilih yang menyandang disabilitas. Ketua KPUD Sumbar, Amnasmen langsung membuka simulasi kali ini.

Anggota KPU RI, Sigit Pamungkas yang juga hadir dalam simulasi kali ini menyebutkan, simulasi dilakukan karena proses Pemilu pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Proses Pemilu kali ini berbeda, baik itu dari segi pencoblosan, penghitungan suara. Simulasi ini dilakukan agar memberikan pemahaman kepada KPPS supaya pada tanggal 9 April 2014 nanti tidak binggung lagi,” katanya.

Selain itu, cara pemilihan yang berbeda harus menjadi pemahaman bagi masyarakat, terutama panitia KPPS. “Dulunya kita mencentang, tetapi sekarang mencoblos. Setelah pemungutan suara ada proses penghitungan suara dengan logistik yang berbeda, ada formulir yang berbeda dari sebelumnya, sekarang ada formulir C1 yang berhologram,” jelasnya.

Bahkan, kotak suara sendiri pada Pemilu sebelumnya dimasukkan pada satu kotak suara yang sama. Sedangkan, pada tahun ini berbeda, yakni dimasukkan setiap masing-masing kotak suara. “Misalkan, Pemilihan DPD RI, ya, dimasukkannya ke kotak suara DPD RI juga,” tutupnya.

(ik / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini