15:04 WIB
Jumat, 25 April 2014
Sabtu, 2 November 2013 08:29 WIB

Anggaran Bakti Sosial Banyak Disalahgunakan Pemerintah Daerah

Abdul Hady JM
Wakil Ketua BPK Ali Masykur Musa (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Wakil Ketua BPK Ali Masykur Musa (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Ada tiga hal permasalahan yaitu anggaran dana hibah, bakti sosial dan acara serimonial

BANGKALAN, Jaringnews.com -  Anggota IV Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Ali Masykur Musa mengatakan, ada tiga hal yang sering disalahgunakan pemerintah daerah. Yakni anggaran kegiatan bakti sosial, dana hibah dan acara serimonial

Demikian diungkapkan Ali Masykur Musa pada acara sosialisasi peranan BPK RI dalam rangka penyelamatan keuangan Negara untuk kesejahteraan rakyat, di aula Dipenogoro Pemkab Bangkalan, Jumat (1/11).

"Selama ini setiap melakukan pemeriksaaan di beberapa daerah ada tiga hal permasalahan yaitu anggaran dana hibah, bakti sosial dan acara serimonial," kata Ali Masykur Musa.

Lebih lanjut, ia menambahkan banyak ditemukan di daerah seperti pengadaan barang yang tidak sesuai dengan realisasinya. "Realisanya tidak tercapai malah dalam pelaporannya tetap ada, di sini banyak kesalahan di daerah cara pelaporannya," tandasnya.

Menurut Ali Maskur yang juga ketua umum PP ISNU ini, BPK saat melakukan proses pemeriksaan itu, diberi atau tidak diminta, berhak memperoleh dokumen-dokumen yang dicurigai telah terjadi penyalahgunaan anggaran.

"Jadi bila demikian, dengan dicek ulang untuk memperbaiki dan dilanjuti agar tidak bermasalah dengan proses hukum dikemudian hari," tandasnya.

(Hdy / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini