15:26 WIB
Kamis, 24 April 2014
Kamis, 26 September 2013 19:04 WIB

11 Ribu Personil Gabungan Dikerahkan untuk Pengamanan APEC 2013 di Bali

Sri Lestari
Gelar Pasukan gabungan pengamanan APEC 2013 di Denpasar Bali (Sri Lestari)
Gelar Pasukan gabungan pengamanan APEC 2013 di Denpasar Bali (Sri Lestari)

Panglima TNI menunjuk Letjen Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Komandan Operasi Pengamanan VVIP

DENPASAR, Jaringnews.com - Panglima TNI, Jendral TNI Moeldoko menyampaikan bahwa menjelang APEC 2013 yang berlangsung Oktober 2013 mendatang, akan dikerahkan sekitar 11 ribu personil gabungan. Selain itu, pasukan TNI-Polri di Jawa Timur juga disiagakan untuk antisipasi.

“Jumlah kekuatan yang tergelar kurang lebih 11 ribu. Cukup banyak. Saya tadi sudah mengambil apel di Surabaya, seluruh jajaran TNI-Polri di Jawa Timur pada posisi siaga, setiap saat bisa digunakan,” kata Jendral Moeldoko, usai memimpin operasi gelar pasukan pengamanan APEC ke-21, Denpasar, Kamis(26/9).

Acara APEC 2013 yang akan dihadiri 21 Kepala Negara ini memang membutuhkan pengamanan ekstra, sehingga Panglima TNI menunjuk Letjen TNI Lodewijk Freidrich Paulus sebagai Komandan Operasi Pengamanan VVIP. Komandan Pengamanan VVIP ini membawahi beberapa komando di antaranya Satuan Tugas Pengamanan Wilayah yang dipimpin oleh Panglimaisnu Bawa Tenaya dan wakilnya dipegang oleh Kapolda Bali, Brigadir Jendral A Julius Benny Mokalu.

“Selain itu terdapat satuan pengamanan laut dan satuan pengamanan udara, satuan tugas inteljen. Ada lagi nanti Satgas Pengamanan VVIP (very very important person) yang akan dikomandoi oleh komandan Paspampres,” imbuhnya.

Acara yang digelar pada 7-8 Oktober 2013 ini, didahului dengan rangkaian kegiatan lainnya, seperti CEO Summit dan lainnya. Ini sudah menjadi rangkaian pengamanan hingga para delegasi dan Kepala Negara pulang ke negara masing-masing.
 

(Sri / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini