17:34 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Kamis, 19 September 2013 05:10 WIB

MK Terima Gugatan Khofifah

Abdul Hady JM
Pemilukada Jawa Timur 2013 (Jaringnews/Abdul Hady JM)
Pemilukada Jawa Timur 2013 (Jaringnews/Abdul Hady JM)

Berkas gugatan pasangan BerKah diterima MK.

SURABAYA, Jaringnews.com - Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya menerima berkas gugatan sengketa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur yang didaftarkan oleh Otto Hasibuan, kuasa hukum Khofifah Indar Parawansa-Herman Surjadi Sumawiredja (BerKaH).

Berkas gugatan yang didaftarkan pada Rabu (11/9) lalu, diregister Rabu (18/11). Bahkan panitera MK, Kasianur Sidauruk juga sudah menjadwalkan sidang perdana gugatan Berkah itu pada Selasa (24/9) pekan depan.

Sumber Jaringnews.com di MK mengatakan, pihak MK butuh waktu satu minggu untuk meregister berkas gugatan pasangan calon yang diusung PKB itu karena banyaknya sengketa pemilukada yang sebelumnya sudah didaftarkan daerah lain.

Di Jatim saja ada 3 daerah yang juga melayangkan gugatan ke MK, seperti Kota Probolinggo, Kota Madiun dan kota Mojokerto.

Karena itu, pihak panitera harus berpikir cermat sebelum melakukan registrasi berkas gugatan dan yang terpenting menyesuaikan jadwal sidang para hakim Konstitusi agar sidang berjalan lancar. Pasalnya, pasca gugatan diregistrasi, maka kasus itu harus sudah bisa diputus dalam waktu 14 hari kerja.

"Kami butuh waktu untuk meregister berkas gugatan, karena itu menyangkut kelangsungan persidangan. Apalagi saat ini banyak gugatan sengketa pemilukada lain yang sudah masuk lebih dulu berkasnya. Jadi bukan karena gugatan itu lemah atau tidak memenuhi syarat," kata sumber tersebut.

Keterangan yang lebih gamblang didapat dari Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Agus Mahfudz Fauzi. Ia memastikan kalau berkas gugatan pasangan BerKah diterima MK. Bahkan Agus sudah menerima nomor registrasi perkara gugatan tersebut.

"Iya benar. Baru saja ada kabar sidang pemilukada provinsi Jawa Timur dengan nomor 117/PHPU.D-XI/2013 akan disidangkan hari Selasa 24 September 2013, pukul 14.00 WIB," kata Agus.

Agus juga mengungkapkan, KPU Jatim menerima surat panggilan sidang dari MK dengan Nomor : 1119.117/PAN.MK/9/2013. Inti surat itu adalah agar KPU provinsi Jawa Timur hadir pada sidang Selasa (24/9) pukul 14.00 WIB di ruang sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat no.6 dengan agenda sidang pemeriksaan perkara.

"Kami juga sudah terima panggilan sidang untuk Selasa depan. Sesuai UU kami wajib hadir. Dan pasti hadir bersama pengacara KPU," terang mantan aktivis HMI itu.

(Hdy / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini