06:59 WIB
Rabu, 22 Oktober 2014
Jumat, 23 Agustus 2013 14:50 WIB

KPU Jember Tetapkan 565 Nama DCT Pemilu 2014

Arif Purba
Kantor KPU Jember (Jaringnews/Arif Purba)
Kantor KPU Jember (Jaringnews/Arif Purba)

Ketetapan final yang tidak bisa diubah yang nantinya akan muncul di dalam surat suara.

JEMBER, Jaringnews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Jember menetapkan 565 nama DCT (Daftar Calon anggota Legislatif Tetap) yang bakal berlaga memperebutkan suara rakyat dalam pesta demokrasi Pemilu 2014 nanti. Mereka berebut suara rakyat untuk merebut kursi DPRD Kabupaten Jember.

Ketua KPU Kabupaten Jember, Ketty Tri Setyorini, menjelaskan, ke-565 nama DCT Pemilu 2014 itu merupakan perubahan dari 567 nama dalam Daftar Calon Sementara  (DCS) yang dirilis KPU beberapa waktu yang lalu. Perubahan jumlah DCT ini terjadi karena adanya caleg dari PAN yang mengundurkan diri.

Ketty mengatakan, setelah melakukan penetapan DCT ini, pihaknya tetap harus melibatkan parpol pengusung caleg dalam kaitan untuk mengecek kebenaran penulisan ejaan nama masing-masing caleg. Hingga saat ini telah ada empat orang yang melaporkan tentang adanya ketidaksesuaian ejaan nama mereka.

"Yaitu, dua orang caleg dari partai Gerindra dan dua orang lainnya dari PKPI," ujar Ketty di Jember, Jumat (23/8).

Menurut Ketty, nama-nama DCT tersebut adalah ketetapan final yang tidak bisa diubah yang nantinya akan muncul di dalam surat suara. Termasuk titel atau gelar akademik para caleg.

"Nama-nama alias terlarang untuk dicantumkan dalam daftar nama DCT," tegasnya.

Ketty menyatakan adanya permintaan beberapa parpol yang calegnya menginginkan untuk  mengganti foto diri para calegnya, "Selama belum masuk ke tahapan berikutnya KPU akan memenuhi karena hal itu merupakan hak asasi," imbuhnya.

Menurut Ketty, KPU Jember secepatnya akan melakukan pembenahan atas kesalahan penulisan nama tersebut untuk persiapan pengumuman DCT yang akan disampaikan melalui media massa.

(Arp / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini