12:57 WIB
Minggu, 26 Oktober 2014
Kamis, 8 Agustus 2013 14:04 WIB

Jenderal Timur Sedang Evaluasi Calon-calon Kapolri

Ralian Jawalsen Manurung
Sutarman, salah satu kandidat Kapolri. (Jaringnews/Chandra Harimurti)
Sutarman, salah satu kandidat Kapolri. (Jaringnews/Chandra Harimurti)

Peluang Oegroseno sangat tipis.

JAKARTA, Jaringnews.com - Usai salat Ied di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, di Jalan Trunojoyo, Jakarta, Kamis (8/8), Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dicecar pertanyaan oleh sejumlah wartawan terkait pengganti dirinya saat pensiun nanti.

"Kita sedang evaluasi, dan kita siapkan (calonnya)," ujar Timur. "Ya, semua masih dalam proses, tunggu saja ya, nanti juga akan diberi tahu kepada masyarakat, dan syarat untuk Kapolri adalah jenderal bintang tiga, syarat masa dinas lebih dua tahun masa jabatan sebelum pensiun di Polri" beber dia.

Seperti diketahui, di Polri yang memiliki pangkat jenderal bintang tiga diantaranya Komjen (Pol) Oegroseno yang kini menjabat Wakapolri menggantikan Nanan Soekarna. Namun, untuk menggantikan Timur, peluang Oegroseno sangat tipis. Pasalnya, masa jabatan yang diembannya kurang lebih satu tahun.

Bisa saja Oegroseno yang akan terpilih menjadi Kapolri, mengingat ini merupakan hak prerogatif presiden, dengan syarat masa jabatan dinas dirinya di Tri Brata diperpanjang. Namun, bila masa jabatan Oegroseno diperpanjang, maka rotasi kepemimpinan di Polri akan terhambat.

Kemudian calon lainnya yakni Kepala Badan Narkotika Nasional Komjen (Pol) Anang Iskandar, Kabareskrim Komjen (Pol) Sutarman, Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komjen (Pol) Budi Gunawan, dan Kabarkham Irjen (Pol) Badrodin Haiti.

Calon Kapolri dari bintang dua yang memiliki peluang menjabat Kapolri diantaranya Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Putut Eko Bayuseno dan Wakabareskrim Irjen (Pol) Anas Yusuf.

(Ral / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini