22:54 WIB
Jumat, 1 Agustus 2014
Rabu, 7 Agustus 2013 17:00 WIB

"Kami Pilih Karsa, Kamu?"

Nikky Sirait
Relawan Karsa Muda Jatim mengenakan kaos bertuliskan 'Keep Calm and Vote Karsa', sebagai bentuk dukungan kepada calon incumbent Pilkada Gubernur Jatim 2013, Soekarwo dan Saifullah Yusuf.
Relawan Karsa Muda Jatim mengenakan kaos bertuliskan 'Keep Calm and Vote Karsa', sebagai bentuk dukungan kepada calon incumbent Pilkada Gubernur Jatim 2013, Soekarwo dan Saifullah Yusuf.

Cara ssyik Karsa Muda Jatim gaet pemilih.

SURABAYA, Jaringnews.com - Relawan Karsa Muda Jatim semakin kreatif menerapkan strategi pemasaran untuk mendukung pasangan Soekarwo dan Saifullah Yusuf (Karsa) dalam Pilkada Gubernur Jatim 2013.

Salah satu strategi yang ditempuh adalah mendesain tools promosi yang unik. Di sejumlah ruas jalan utama Surabaya kini banyak ditemui baliho dari relawan Karsa Muda Jatim yang unik, seperti bertuliskan 'Keep Calm and Vote Karsa'. Selain itu, ada desain foto muda-mudi Jatim bertuliskan 'Kami Pilih Karsa, Kamu?'. Tak lupa, ada akun twitter @KarsaMudaJatim. Gambar brengos yang merupakan ikon Soekarwo alias Pakde Karwo juga ditampilkan.

Menurut salah seorang relawan, Agung Rizky, Karsa Muda Jatim adalah jaringan anak muda yang berhimpun dan mendukung keberlanjutan pembangunan di Jatim. Jaringan ini bergerak sukarela.

"Kami urunan. Untuk menghemat biaya, kami desain sendiri, lembur semuanya sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan honor untuk menyewa desainer, fotografer, dan video-maker," kata Agung yang merupakan alumnus Universitas Airlangga, dalam rilis yang diterima Jaringnews.com di Jakarta, Rabu (7/8).

Jaringan Karsa Muda Jatim terdiri atas anak-anak muda dari beragam latar belakang. Ada yang mahasiswa, pengusaha muda, dosen, guru, penulis, atlet, fotografer, desainer, sampai video-maker. "Kami menggunakan kemampuan relawan yang ada. Asyik, fun, dan edukatif," ujarnya.

Selain baliho, tim ini juga tengah merampungkan produksi video singkat yang nanti bakal diunggah di situs YouTube. "Videonya asyik, konsepnya unik, tapi tidak bisa kami buka sekarang. Pokoknya fresh. Kami akan unggah di YouTube, lalu di-share di social media. Kami tidak mengiklankannya di televisi karena tidak ada dana," kata arek asli Suroboyo itu.

Tim ini juga terlihat aktif melakukan soft campaign dengan membagikan kaos dan stiker 'Keep Calm and Vote Karsa'. Tidak hanya di Surabaya, tim ini juga menyebar ke daerah-daerah melalui jaringan relawan yang dibentuk. Tools pemasaran dari tim ini dibawa oleh anggota di daerah masing-masing. "Untuk di tiap daerah, konsepnya juga beda karena kami sesuaikan dengan karakteristik lokal. Misalnya di Malang, tulisannya bukan 'Keep Calm and Vote Karsa', tapi 'Woles Bro, Sing Penting Coblos Karsa'," jelas Agung.

Menurut Agung, tim ini merangkul banyak anak muda. Di tim ini, semua anak muda saling belajar. "Kami juga akan memberikan sertifikat yang menerangkan partisipasi aktif seseorang di tim ini. Misalnya tim A minat video dan terlibat di pembuatan video promosi, maka akan kami beri sertifikat telah mendukung pemasaran politik di bidang video," jelas Agung.

Tidak hanya berhenti di Pilkada Gubernur, tim ini didesain secara jangka panjang untuk membentuk himpunan anak muda yang peduli dan siap berkontribusi untuk membangun Jatim.

(Nky / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini