09:18 WIB
Kamis, 23 Oktober 2014
Senin, 20 Mei 2013 15:20 WIB

Selangkah Lagi, Moeldoko Menjadi Panglima TNI

Ralian Jawalsen Manurung
Moeldoko (foto: merdeka.com)
Moeldoko (foto: merdeka.com)

Kabarnya, kali ini Panglima TNI akan berasal dari unsur TNI Angkatan Darat.

JAKARTA, Jaringnews.com - Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Letjen TNI Moeldoko sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Moeldoko menggantikan Jenderal Pramono Edhie Wibowo yang akan pensiun.

Saat ini Moeldoko menjabat sebagai Wakil KSAD. "Saya akan mengangkat Moeldoko untuk menjadi KSAD menggantikan Pramono Edhie Wibowo. Pelantikan akan saya lakukan lusa, hari Rabu (22/5)," jelas SBY di kantor Kepresidenan Jakarta, Senin (20/5).

Ini artinya, selangkah lagi Moeldoko akan menggantikan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono. Pasalnya, bila dilantik, otomatis bintang di pundak Moeldoko akan bertambah, dari seorang jenderal bintang tiga menjadi bintang empat.

Adapun Agus akan pensiun pada bulan Oktober mendatang, namun beredar kabar pensiun Agus akan dipercepat pada bulan Agustus. Dan, kabarnya, kali ini Panglima TNI akan berasal dari unsur TNI Angkatan Darat.

Sebelumnya, Agus mengatakan, nantinya KSAD terpilih juga bisa mengikuti bursa calon Panglima TNI. Agus juga mengajukan tiga nama Kepala Staf TNI, masing-masing KSAD, Kepala Staf TNI-AL, dan Kepala Staf TNI-AU untuk menjadi kandidat Panglima TNI.

"Maka tiga kepala staf angkatan itu punya peluang semua menjadi Panglima TNI," jelas dia pada Selasa (14/5) pekan lalu.

Bukan bermaksud mendahului hak prerogatif SBY, namun sepertinya kans Moeldoko lebih besar untuk menjabat Panglima TNI.

(Ral / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini