16:55 WIB
Minggu, 21 Desember 2014
Selasa, 14 Mei 2013 06:16 WIB

Berkas Kopassus Pembunuh Tahanan LP Cebongan Rampung Pekan Ini

Chandra Harimurti
Karikatur penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. (Jaringnews/Supriyanto Siswowiharjo)
Karikatur penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta. (Jaringnews/Supriyanto Siswowiharjo)

Dua anggota Kopassus yang masih diperiksa tidak terlibat langsung dalam pembunuhan.

JAKARTA, Jaringnews.com - Berkas pemeriksaan perkara anggota Kopassus pembunuh empat tahanan LP Cebongan Yogyakarta rampung pekan ini. Setelah itu berkas akan dilimpahkan ke pengadilan militer.

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengatakan, 11 anggota Kopassus yang terlibat dalam pembunuhan itu semuanya akan diajukan ke pengadilan militer. Sementara dari 11 orang itu, 2 di antaranya berkasnya masih dalam penyempurnaan.

"Minggu ini pemberkasan selesai, saya kira akan dilimpahkan. 11 yang akan diajukan ke peradilan militer, 9 terlibat langsung, yang 2 masih dicermati terus," kata Agus di Hotel Sultan Jakarta, Senin (13/5).

Agus menambahkan, dua anggota Kopassus yang masih diperiksa itu tidak terlibat langsung dalam pembunuhan. Mereka sempat mencegah, 9 Kopassus pembunuh itu. Namun tidak berhasil.

"Mereka sebenarnya ingin mencegah. Yang dua itu ingin mencegah tapi tidak berhasil. Kalau nanti misalnya tak cukup bukti dan dibebaskan bisa saja," jelas Agus.

Sebelumnya, Panglima juga memastikan sidang di pengadilan militer terhadap 11 oknum Kopassus pembunuh empat tahanan di LP Cebongan, Sleman, Yogyakarta, yang terjadi 23 Maret lalu, akan berjalan transparan.

Sementara, Susilo Bambang Yudhoyono memastikan belasan anggota Kopassus pembunuh empat tahanan di sana tidak kebal hukum. Empat tahanan itu ditembak mati di LP Sleman DIY. Mereka ditembak oleh anggota Kopassus. Mereka merangsek masuk LP dan memuntahkan puluhan peluru ke empat tahanan itu dengan senjata laras panjang.

(Chm / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Selasa, 14 Mei 2013 10:57 WIB
Hahahehe

Masyarakat bangga dg kopassus... Baca jg http://11kopassus.blog.com...

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini