10:52 WIB
Rabu, 26 November 2014
Kamis, 25 April 2013 14:47 WIB

Indo Barometer: Jika Hari Ini Pemilu, Enam Parpol Tidak Lolos ke Senayan

Ralian Jawalsen Manurung
M. Qodari (Jaringnews/Dwi Sulistyo)
M. Qodari (Jaringnews/Dwi Sulistyo)

PKB hanya meraup suara sebesar 3,2 persen, Nasdem 2,9 persen, PAN 2,6 persen, PKS 1,9 persen, Hanura 1,5 persen dan PPP 1,1 persen.

JAKARTA, Jaringnews.com - Hasil survei Indo Barometer (IB) menyebutkan, bila 10 partai politik (parpol) mengikuti Pemilu hari ini, maka partai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), tidak lolos parliamentary threshold (PT) alias ambang batas keterwakilan di parlemen.

Direktur Eksekutif IB M. Qodari menuturkan, berdasarkan Undang-undang Nomor 8 tahun 2011, parpol harus mencapai PT minimal 3,5 persen di tingkat nasional untuk bisa meloloskan caleg ke parlemen. Nah, dari survei yang dilakukan IB, PKB hanya meraup suara sebesar 3,2 persen, Nasdem 2,9 persen, PAN 2,6 persen, PKS 1,9 persen, Hanura 1,5 persen dan PPP 1,1 persen.

Masih menurut survei ini, sebesar 30 persen tidak tahu atau belum memutuskan akan memilih partai mana. Sedangkan pemenang Pemilu tahun 2009, Demokrat, hanya memperoleh suara sekitar 4,8 persen bila Pemilu digelar hari ini.

"Adapun posisi pertama diraih PDIP karena memperoleh 18,8 persen, disusul Partai Golkar (17,5) dan Partai Gerindra sebesar (14,3)," ujar Qodari di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (25/4). Namun, lanjut Qodari, ada sekitar 30 persen suara mengambang yang bisa direbut partai partai lainnya,

Di kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP bidang Kememudaan dan Olahraga, Maruarar Sirait menuturkan, merujuk pada hasil survei IB, PDIP harus memanfaatkan kesempatan untuk merebut pemilih yang belum menentukan pilihan yang jumlahnya sangat besar, sekitar 30 persen.

"Kita harus mempunyai kebijakan dan strategi khusus untuk meraih suara mengambang itu," ujarnya.

Ara--sapaan Maruarar--menjelaskan, survei ini dilaksanakan mulai 15 sampai dengan 25 Maret 2013, di 33 provinsi seluruh Indonesia terhadap 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 3 persen, dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Pemilihan responden dilakukan menggunakan metode multistage random sampling terhadap populasi pemuda Indonesia yang berusia minimal 16 tahun dan maksimal 30 tahun pada 15 Maret 2013. Menggunakan teknik wawancara tatap muka secara langsung dan menggunkan kuesioner.

Survei yang dirilis hari ini, merupakan survei ketiga yang telah dilakukan Bidang Kepemudaan dan Olah Raga DPP PDIP, mulai Mei 2011 dan Mei 2012. "Pada survei sebelumnya, PDIP berada di peringkat kedua, tapi sekarang di posisi pertama. Survei ini ada adanya dan sangat kredibel," pungkas Ara.

(Ral / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini