20:27 WIB
Jumat, 24 Oktober 2014
Sabtu, 13 April 2013 10:26 WIB

Banjir Demak dan Jepara Gugah Simpati Warga

Rhobi Shani
Mahasiswa STIENU Jepara menggelar aksi solidaritas penggalangan dana bagi korban banjir di jalanan (Jaringnews/Rhobi Shani)
Mahasiswa STIENU Jepara menggelar aksi solidaritas penggalangan dana bagi korban banjir di jalanan (Jaringnews/Rhobi Shani)

Organisasi kemahasiswaan dan masyarakat galang dana korban bagi banjir.

JEPARA, Jaringnews.com – Jebolnya tanggul Sungai Wulan yang merendam ribuan rumah warga di tujuh desa di Kabupaten Demak membuat ribuan orang terpaksa tinggal di pengungsian. Selain itu, meluapnya debit air Sungai SWD I akibat limpahan air dari Sungai Wulan mengakibatkan sejumlah desa di Kabupaten Jepara turut terendam, meski tak separah di wilayah Kabupaten Demak.

Kondisi tersebut mengundang simpati warga. Sejak kemarin hingga hari ini, Sabtu (13/4), sejumlah organisasi kemahasiswaan dan masyarakat di berbondong-bondong menggalang dana bagi korban banjir.

“Hari kemarin kurang lebih sudah terkumpul Rp. 4 juta dan sembako,” ujar Yeni Rohmatun, mahasiswi jurusan Ekonomi STIENU Jepara, saat penggalangan dana bagi korban banjir Demak di perempatan tugu Kartini Jepara, Sabtu (13/4).

Sementara itu, Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIENU Jepara, Ainul Mahfud, menyampaikan nantinya dana yang terkumpul akan dibelanjakan semboko. Kemudian dibawa ke posko pengungsian korban banjir.

“Bersama-sama KSR STIENU dan INISNU kita sudah membuka dapur umum di pos pengungsian Gor Welahan,” ujar Ainul kepada Jaringnews.com.

Kegiatan serupa juga dilakukan komunitas pencinta fotografi Jepara. Puluhan fotografer Jepara yang tergabung dalam Jepara Photo Club (JPC) menggelar aksi solidaritas bagi korban banjir di depan Museum RA Kartini.

“Kamarin sore bantuan yang sudah kami salurkan pakaian pantas pakai, perlengkapan mandi, pembalut, dan kasur tikar karena kami melihat barang-barang tersebut yang saat ini sangat dibutuhkan para pengungsi,” ujar Hasan Faiz, Ketua JPC.

Ajakan penggalangan dana ini pun tak hanya ramai di dunia nyata. Di dunia maya seperti jejaring sosial seperti Facebook, pada dinding fanspage Jepara Hari Ini, sejumlah akun mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif membantu meringankan beban pengungsi dengan berdonasi.

(Rhs / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini