03:37 WIB
Jumat, 28 November 2014
Sabtu, 6 April 2013 10:47 WIB

Pura Sakenan Dipadati Umat di Hari Raya Kuningan

Sri Lestari
Pura Sakenan dipadati umat Hindu dari berbagai kota di Bali (Jaringnews/Sri Lestari)
Pura Sakenan dipadati umat Hindu dari berbagai kota di Bali (Jaringnews/Sri Lestari)

Umat Hindu di seluruh Bali melakukan persembahyangan hingga Minggu besok.

DENPASAR, Jaringnews.com - Pura Sakenan adalah salah satu pura besar di Bali yang menjadi tujuan umat Hindu melakukan persembahyangan di Hari Raya Kuningan yang merupakan rangkaian Hari Galungan. Umat Hindu di seluruh Bali secara bergantian melakukan persembahyangan hingga Minggu besok , 7/4.

"Ya berhubung kami sekeluarga tinggal di Denpasar, jadi memilih hari ini, pagi-pagi sekali ke sini (Pura Sakenan ) biar gak penuh. Pasti ramai hari ini sampai malam hari. Kami mohon perlindungan dan kesehatan untuk keluarga kami, " kata warga kota Denpasar,  Ketut Sugiantara, Denpasar, Sabtu (6/4).

Pura Sakena yang terletak di kawasan Pulau Serangan Denpasar ini memang pasti ramai saat Hari Raya Kuningan karena pura ini melaksanakan upacara besar setiap enam bulan sekali setiap Sabtu Kliwon, bertepatan dengan Hari Raya Kuningan yang jatuh setiap enam bulan sekali.

"Kan setiap Kuningan, Pura Sakenan odalan (upacara keagamaan di pura ), jadi ya pasti ramai. Seluruh Bali menyempatkan diri untuk mebakti (sembahyang) di sini. Kan selama tiga hari, kemaren, hari ini dan besok, jadi bisa bergantian," tambahnya.

Pura Sakenan merupakan tempat memohon keselamatan dunia dimana letak pura di tepi laut ini adalah sebagai tempat pemujaan Ida Hyang Dewa Biswarna sebagai penjaga ketenangan laut atau samudra. Konon orang-orang suci zaman dulu dijadikan tempat singgah. Sehingga sampai kini diyakini mampu memberikan ketenangan jiwa umat yang sembahyang di pura ini dan memohon segala kesembuhan berbagai penyakit.

(Sri / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini