14:55 WIB
Kamis, 23 Oktober 2014
Rabu, 3 April 2013 18:19 WIB

Minat Siswa Kunjungi Perpustakaan Sekolah Rendah

Rhobi Shani
Siswa sedang membca majalah di perpustakaan SMAN 1 Tahunan Jepara. (Jaringnews/Rhobi Shani)
Siswa sedang membca majalah di perpustakaan SMAN 1 Tahunan Jepara. (Jaringnews/Rhobi Shani)

Perpustakaan kondisinya memprihatinkan.

JEPARA, Jaringnews.com – Perpustakaan sekolah di Jepara minim fasilitas. Pada umumnya, perpustakaan sekolah di Jepara hanya menyimpan koleksi buku-buku paket dan buku bacaan popular yang sudah mulai usang. Hal tersebut disampaikan pustakawan SMAN 1 Tahunan Jepara, Danang Ario.

“Dari sejumlah perpustakaan sekolah di Jepara yang sudah saya kunjungi kondisinya tidak beda jauh dengan di sini (perpustakaan SMAN 1 Tahunan), kalau ruang kepala sekolah atau ruang guru saja dibuat senyaman mungkin dengan beragam fasilitas,” papar Danang, Rabu (3/4).

“Jangankan fasilitas yang membuat nyaman, komputer yang menunjang kepentingan mengindeks buku saja tidak ada,” imbunya.

Lebih lanjut Danang menambahkan, rendahnya minat siswa mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku rendah lantaran fasilitas dan perpustakaan yang ada saat ini tidak membuat siswa betah dan nyaman di perpustakaan.

"Lihat saja kalau pas ada jam kosong, siswa lebih asyik bermain di dalam kelas ketimbang membaca buku atau majalah di perpustakaan," papar alumni Universitas Negeri Sebelas Maret itu.

Sementara itu, pustakawan SMAN 1 Jepara, Zanuar, saat dihubungi Jaringnews.com menyampaikan dari lebih kurang 1000 siswa SMAN 1 Jepara dalam sehari yang mengunjungi perpustakaan sekolah rata-rata 100 siswa.

"Untuk membuat siswa tertarik mengunjungi perpustakaan sekolah memberikan layanan free hot spot dan pemutran film-film edukasi," papar Zanuar.

Baik di SMAN 1 Tahunan dan SMAN 1 Jepara, Danang dan Zanuar sama-sama menyampaikan, buku yang banyak dicari para siswa adalah buku-buku bacaan populer seperti novel remaja jika dibanding dengan buku penunjang pelajaran.

(Rhs / Ara)
Diurutkan berdasarkan:
Kamis, 4 April 2013 10:08 WIB
supriyanto

Perpustakaan , kususnya Perpustakaan SD di Jepara Kurang begitu di perhatihkan oleh kepala sekolah masing2......... mungkin dana buat pengelola perpustakaan kurang begitu ada dan tersedia , padahal Pustakawan2 jepara sudah banyak yang bekerja di perpustaakan SD Negeri yg ada di jepara

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini