02:24 WIB
Jumat, 28 November 2014
Senin, 17 Oktober 2011 22:38 WIB

Enam Pelajar Indonesia Ikuti Lomba Roket Internasional

Jaring News
Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR, Jaringnews.com - Lagi, anak bangsa siap mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini, enam pelajar siap mewakili Indonesia untuk bersaing dalam ajang Kompetisi Roket Air Internasional 2011 di Singapura.

"Keenam pelajar ini merupakan para juara dalam Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) 2011 yang baru saja selesai dilaksanakan pada 9 Oktober lalu di Pusat Peragaan Iptek (PP-Iptek)," kata Staf ahli Menristek bidang media, Drs. H Muarif, di Bogor, Jawa Barat, Senin (17/10).

Kompetisi Roket Air Internasional 2011 ini merupakan lomba rekayasa roket air di tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Acara ini akan diselenggarakan tanggal 3-4 Desember 2011 di Singapura.

Kompetisi tersebut dilaksanakan dalam rangkaian acara "18th Session of Asia-Pacific Regional Space Agency Forum" (APRSAF-18).

Menurut Muarif, enam pelajar tersebut merupakan peserta terbaik yang telah bersaing dengan lebih dari 90 kontestan lainnya dari berbagai daerah di Indonesia seperti Jakarta, Bekasi, Serang, Bogor, Depok, Bandung, Surakarta, Yogyakarta, Jepara, dan Palembang.

Enam orang pelajar bernama Maria Yuliana Mutia dan Cakra Wirabuana Shelo dari SMP Pax Exclesia Bekasi, M Fariz Aziz, Azizah Nurul Asri dan M. Fadhli dari SMPIT Nurul Fikri Boarding School Anyer, Banten, serta Septi Lisdayanti dari SMP Muhammadiyah 3 Depok, Sleman, Yogyakarta.

Seleksi peluncuran roket air tingkat nasional sebelumnya diadakan tanggal 9 Oktober lalu di TMII. Kompetisi nasional itu merupakan bagian dari upaya PP-Iptek untuk memberi fasilitas lebih kepada para pelajar berbakat, agar dikemudian hari lahir teknolog-teknolog muda yang tangguh dalam bidang Iptek keantariksaan.  

Pihak PP-Iptek sendiri, kata Muarif, telah berjanji akan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada keenam juara KRAN 2011 ini.

"Agar mereka nantinya lebih siap dan dapat bersaing secara optimal dalam ajang Kompetisi Roket Air Internasional bulan Desember nanti," tuturnya.

( / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini