01:57 WIB
Minggu, 26 Oktober 2014
Sabtu, 12 Januari 2013 12:03 WIB

5 Rumah Sakit Swasta di Bali Melayani Pengobatan Gratis Lewat E-JKBM

Sri Lestari
Rumah Sakit Puri Raharja di Denpasar (Jaringnews/Sri Lestari)
Rumah Sakit Puri Raharja di Denpasar (Jaringnews/Sri Lestari)

Kelimanya adalah RS.Bhakti Rahayu dan RS.Puri Raharja di Denpasar, sementara untuk di Kabupaten Buleleng, yaitu RS. Kerta Husada, RS.Paramasigi dan RS.Darma Bhakti Husada.

DENPASAR, Jaringnews.com - Pemerintah Provinsi Bali melakukan terobosan baru untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dengan menggandeng rumah sakit swasta di Bali. Pelayanan kesehatan gratis lewat program E-JKBM yaitu Jaminan Kesehatan Bali Mandara dengan sistem elektronik.

“Masyarakat tidak hanya berobat di rumah sakit pemerintah saja, tapi bisa berobat di rumah sakit swasta yang telah ditunjuk. Mereka harus melayani seperti pasien lainnya, tidak boleh dirujuk, kecuali darurat,” kata Kepala UPT JKMB (Jaminan Kesehatan Masyarakat Bali ), I Gusti Ayu Putri Mahadewi, Denpasar, Sabtu (12/1).

Ada 5 rumah sakit swasta yang dinyatakan lolos seleksi dari 9 rumah sakit swasta lainnya yang berminat bekerjasama dengan pemerintah daerah. Walaupun sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi tehadap 39 rumah sakit swasta yang ada di bali, namum minim peminat.

“Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi terhadap 39 rumah sakit swasta, tapi hanya 9 rumah sakit yang berminat untuk saat ini. Dari 9 rumah sakit itu hanya 5 yang memenuhi syarat dan ketentuan,” tambahnya.

5 sakit swasta tersebut diantaranya berada di Denpasar yaitu RS.Bhakti Rahayu dan RS.Puri Raharja, sementara untuk di Kabupaten Buleleng, yaitu RS. Kerta Husada, RS.Paramasigi dan RS.Darma Bhakti Husada.

“Rumah sakit tersebut sudah terakreditasi, sudah punya kelas rumah sakit yang sudah pasti, mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, SDM-nya dan sarana pendukungnya juga memenuhi persyaratan tertentu,” tegasnya.
 

(Sri / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini