23:40 WIB
Selasa, 2 September 2014
Sabtu, 24 November 2012 07:33 WIB

Pembekalan Bakal Caleg PKB

Abdul Hady JM
Partai Kebangkitan Bangsa
Partai Kebangkitan Bangsa

Media massa memiliki peran besar dalam mendulang suara pemilih.

SIDOARJO, Jaringnews.com - Direktur Pusdeham Unair Surabaya M. Asfar, mengakui, bahwa realitas pemilih saat ini sangat ditentukan oleh politik uang (money politic). Namun, dia meyakini masih banyak pemilih yang memilih calon bukan karena uang.

"Karena itu, calon (legislatif, pilkada, dll) sering dihadapkan pada realitas politik semacam itu, antara memilih menjaga idealisme atau mendapat kursi," kata Asfar, saat memberi pembekalan kepada ratusan bakal calon legislatif PKB Sidoarjo, Jumat (23/11) sore, di Kantor DPC PKB setempat.

Dosen ilmu politik Unair ini, menyarankan, agar para caleg PKB mulai saat ini terus melakukan komunikasi lebih intensif dengan para pemilih. Sebab, menurut Asfar, calon yang punya komunikasi yang baik dengan para pemilih memiliki peluang besar untuk dipilih.

"Sekarang jangan mikirkan uang dulu, tapi bekerjalah lebih keras lagi, bangun komunikasi dulu (dengan pemilih)," sarannya.

Selain itu, Asfar juga menyarankan untuk mengetahui para pemilih yang pernah mencoblos PKB pada Pemilu sebelumnya. “Jangan sampai pemilih PKB ini lepas, dan caleg PKB harus rajin silaturrahmi hingga desa-desa," tandas pria kelahiran Lamongan ini.

Selain Asfar, hadir juga sebagai pembicara dalam acara talkshow bertema 'Parpol dan Komunikasi Sosial: Membangun Citra Politik Berbasis Komunikasi Menuju Kemenangan Pemilu 2014' itu, Sirikit Syah (Direktur Lembaga Konsumen Media) dan Imam Syafi'ie (Pimred JTV).

Syirikit mengatakan, meski bukan satu-satunya penentu kemenangan, media massa memiliki peran besar dalam mendulang suara pemilih.

Menurutnya, komunikasi sebagai manufacturing of meaning, sangat tergantung pada produsen informasi (media massa) meski juga tidak lepas dari common sense (akal sehat) para pemilih.

Karena itu, Syirikit menyarankan para politisi yang menjadi caleg agar bisa menggelar agenda setting di media. “Kalau perlu pakai jasa ahli komunikasi,” tandas dia, seraya menyarankan agar para politisi mengenali perilaku media massa.

Acara talkshow ini merupakan rangkain dari launching pendaftaran bakal caleg PKB serta pelantikan dan deklarasi Gerakan Mahasiswa Satu Bangsa (Gemasaba) Sidoarjo.

(Hdy / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini