03:27 WIB
Kamis, 21 Agustus 2014
Senin, 7 Januari 2013 12:39 WIB

SBY: 2012 Lalu Keadaan Sosial dan Keamanan Tak Menggembirakan

Chandra Harimurti
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Masih ada penilaian dari masyarakat luas, ada keterlambatan dan ketidaktuntasan dalam menyelesaikan permasalahan gangguan keamanan

BOGOR, Jaringnews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyoroti keadaan keamanan dan gejolak sosial selama 2012 lalu. Hasilnya tak memuaskan dan tak mengembirakan.

Hal itu dikatakan Presiden di sidang kabinet bidang politik hukum dan keamanan, Senin (7/1) di Istana Bogor, Jawa Barat. Kata SBY perlu meningkatkan intensitas pemeliharaan keamanan.

"Saudara juga sudah mengikuti pandangan dari masyarakat luas bahwa pada 2012 yang lalu, keadaan sosial dan keamanan kita tidak menggembirakan. Lebih luas, masyarakat juga menyoroti dan merasa tidak puas dengan penanganan masalah hukum dan keamanan," kata SBY.

Hanya saja bicara soal penegakan hukum, semua tidak di tangan pemerintah. Semisal kasus korupsi di tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ada juga pengadilan dan Polri.

"Tapi kalau pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau lebih luas pemeliharaan keamanan dalam negeri, itu kita memiliki peran yang sangat sentral. Kepolisian, TNI terutama komando teritorial, intel, Pemda. Pendek kata ini berkaitan dengan peran dan fungsi tugas pokok kita," jelasnya.

Selain itu SBY juga melakukan evaluasi di kementerian bidang politik hukum dan keamanan. Hasilnya di daerah masih banyak gangguan keamanan dari sisi konflik komunal dan horizontal.

"Apa yang berkali-kali saya sampai masih ada kesan di masyarakat bahwa negara melakukan pembiaran. Masih ada penilaian dari masyarakat luas, ada keterlambatan dan ketidaktuntasan dalam menyelesaikan permasalahan gangguan keamanan termasuk gangguan dan keamanan ketertiban masyarakat," jelas SBY.

(Chm / Mys)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari