10:47 WIB
Kamis, 23 Oktober 2014
Kamis, 19 September 2013 16:46 WIB

"Kualitas Timnas U-19 Masih di Atas Timor Leste"

Nandang Permana Sidik
Skuat timnas U19 (Foto: ligaindonesia.co.id)
Skuat timnas U19 (Foto: ligaindonesia.co.id)

"Mereka bisa jadi ancaman serius di semifinal. Tapi, kualitas kita tetap di atas mereka," kata pengamat sepakbola nasional, Asep Saputra.

JAKARTA, Jaringnews.com - Timnas U-19 berhasil meraih tiket ke babak semifinal Piala AFF U-19 setelah di pertandingan terakhir Grup B menahan imbang Malaysia. Di babak empat besar, skuat 'Garuda Muda' akan menghadapi Timor Leste yang secara mengejutkan mampu lolos sebagai pemuncak Grup A.
 
Menghadapi Malaysia di Stadion Delta Sidoarjo, Rabu (18/09) malam, Indonesia meraih hasil seri 1-1. Malaysia mampu unggul lebih dulu pada menit ke-20 lewat sepakan Muhammad Jafri. 
 
Namun, timnas U-19 sukses menyamakan kedudukan di menit ke-53 berkat lesatan Ilham Udin Armaiyn yang memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Evan Dimas. Dengan hasil ini, Indonesia menempati posisi kedua Grup B dengan mendulang 10 poin hasil dari tiga kali menang, sekali imbang dan satu kali kalah.
 
Pada partai semifinal nanti, Indonesia akan menantang Timor Leste yang sukses bercokol di puncak Grup A dengan mengoleksi 10 angka. Bekas provinsi ke-27 Indonesia itu berhasil menahan imbang Singapura, serta mengalahkan Kamboja, Laos dan Filipina.
 
Di atas kertas permainan punggawa timnas U-19 memang jauh lebih baik ketimbang Timor Leste. Namun, anak asuh Indra Sjafri itu diminta untuk tak memandang remeh performa sang lawan. Apalagi, sepakbola Timor Leste dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan perkembangan yang signifikan.
 
"Sebuah fakta, Timor Leste luar biasa perkembangannya. Mereka bisa jadi ancaman serius di semifinal. Tapi, kualitas kita tetap di atas mereka," kata pengamat sepakbola nasional, Asep Saputra Kepada Jaringnews.com di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Kamis (19/09).
 
"Yang penting, Indonesia harus fokus menampilkan permainan terbaiknya, bermain sabar, dan tidak menganggap remeh lawan," sambungnya.
 
Namun ia menyakini, Maldini dkk mampu mengatasi hadangan Timor Leste. Mental yang tangguh dan bermain maksimal menjadi kunci keberhasilan pasukan 'Merah-Putih' lolos dari babak penyisihan. 
 
"Kalau melihat mental pemain kita yang bisa lepas dari tekanan saat duel lawan Malaysia, harusnya bisa lebih baik di semifinal. Kuncinya bermain sesuai karakter sendiri, tapi tetap harus pandai mengatur ritme permainan. Jangan pula terpancing emosi, saat lawan memprovokasi," tandasnya.
(Nps / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini