01:25 WIB
Senin, 21 April 2014
Minggu, 15 September 2013 18:37 WIB

Kehadiran Persebaya & Persik Menambah Ketat Persaingan ISL

Nandang Permana Sidik
Persebaya Surabaya sukses menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia musim 2012/2013 (Foto: PT Liga Indonesia)
Persebaya Surabaya sukses menjuarai Divisi Utama Liga Indonesia musim 2012/2013 (Foto: PT Liga Indonesia)

"Persaingan bakal semakin ketat dengan masuknya dua tim Jawa Timur, Persebaya dan Persik ke ISL."

JAKARTA, Jaringnews.com - Masuknya tiga tim promosi Divisi Utama Liga Indonesia, yakni Persebaya Surabaya, Perseru Serui dan Persik Kediri ke Indonesia Super League (ISL) bakal kian meningkatkan persaingan di musim depan. Apalagi, Persebaya dan Persik memiliki prestasi gemilang di kompetisi sepakbola Indonesia.
 
Persebaya berhak promosi ke ISL karena berhasil menjuarai Divisi Utama, usai mengalahkan Perseru di partai final. Sementara Perseru promosi dengan status runner-up. Dan Persik naik kasta ke ISL dengan menempati peringkat ketiga, setelah sebelumnya melumat Persikabo Bogor dengan skor 6-2.
 
Persikabo sendiri masih berpeluang untuk bisa lolos ke ISL. Namun, mereka harus melalui babak playoff dan bertanding dengan peringkat ke-15 ISL.
 
Pengamat sepakbbola tanah air Tommy Welly mengatakan, kehadiran ketiga tim tersebut terutama Persebaya dan Persik akan membuat kompetisi ISL musim 2013/2014 akan berjalan menarik. Apalagi, Jawa Timur kini memiliki enam tim yang tampil di ISL.
 
"Persaingan bakal semakin ketat dengan masuknya dua tim Jawa Timur, Persebaya dan Persik ke ISL serta ditambah Perseru. Dengan masuknya Persebaya dan Persik maka Jatim diwakili enam tim setelah Arema, Gresik United, Persela Lamongan dan Madura United," kata Tomy Welly kepada Jaringnews.com via Blackberry Messenger, Minggu (15/09).
 
Lebih lanjut pria yang akarb dipanggil bung Towel ini menilai kehadiran Persebaya akan menambah sengit rivalitas tim-tim ISL. Pasalnya, skuat 'Bajul Ijo' akan bersua kembali dengan musuh bebuyutanya, Arema Indonesia.
 
"Khusus Persebaya kehadirannya membuat pertemuannya dengan Arema menjadi big match dengan rivalitas panas juga. Semoga bobot besar big match Arema versus Persebaya bisa dibarengi dengan kedewasaan suporternya baik itu Aremania maupun Bonek," ujarnya.
 
Menurutnya, bagi sebuah kompetisi hal ini adalah keuntungan atau nilai lebih jika ada beberapa pertandingan yang masuk skala big match. Dan itu sangat positif bagi kemajuan liga dalam hal ini ISL.
 
"Semoga tidak ada gangguan atau insiden apapun yang bisa mengganggu kelancaran pertandingan berlabel big match," tandasnya.
(Nps / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini