12:08 WIB
Jumat, 25 April 2014
Kamis, 12 September 2013 21:38 WIB

Piala AFF U-19: Indonesia vs Myanmar

Timnas U-19 Bungkam Myanmar 2-1

Rizki Hidayat

Dua gol timnas U-19 dicetak oleh Evan Dimas menit ke-6 dan Putu Gede Juti Antara menit ke-16.

GRESIK, Jaringnews.com - Timnas U-19 berhasil memetik poin penuh usai membungkam Myanmar dengan skor 2-1 di laga Grup B Piala AFF U-19. Sepasang gol 'Garuda Muda' disarangkan oleh Evan Dimas dan Putu Gede Juti Antara. Sementara gol balasan Myanmar disarangkan oleh Nyein Chan Aung.
 
Berkat kemenangan ini, timnas U-19 masih nyaman bercokol di puncak Grup B dengan mendulang enam poin berkat dua kemenangan beruntun. Maldini dkk hanya unggul selisih gol atas Vietnam yang berada di bawahnya.
 
Pertandingan yang berlangsung di Stadion Petrokima, Gresik, Kamis (12/9/2013) malam WIB, berjalan dalam tempo cepat. Aksi jual beli serangan diperagakan oleh kedua tim. 
 
Timnas U-19 pun berhasil unggul lebih dulu saat laga baru berjalan enam menit. Berawal dari umpan lambung di lini tengah, Evan Dimas yang lolos dari jebakan offside menerima bola dengan baik. Dengan tenang, Evan sukses memperdayai kiper Myanmar, Myo Min Latt yang keluar dari sarangnya dengan sepakab lob.
 
Menit ke-13 Evan Dimas kembali nyaris mengukir namanya di papan skor. Sayang, sepakan bebas Evan ke arah tiang jauh hanya membentur mistar gawang. Bola rebound pun gagal dimanfaatkan dengan baik setelah sundulan Muchlis Hadi masih bisa diamankan oleh kiper.
 
Tiga menit berselang, Putu Gede Juti berhasil menggandakan keunggulan bagi Indonesia. Berawal dari sepak pojok, bola berhasil ditepis oleh kiper Myanmar. Tapi, bola jatuh tepat di kaki Putu dan langsung menceploskan ke dalam gawang dengan sontekan.
 
Unggul dua gol membuat punggawa 'Garuda Muda' lengah. Akibatnya, Myanmar berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 semenit berselang. Lewat sebuah skema serangan balik, Nyein Chan Aung berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dengan sepakan kaki kanannya.
 
Mampu mencetak satu gol membuat pemain Myanmar tampil percaya diri. Di menit ke-19 Myanmar hampir menyamakan angka. Beruntung, sundulan pemain Myanmar, Maung Maung Soe masih bisa ditepis oleh kiper timnas U-19, Ravi Murdianto dan membentur mistar gawang.
 
Di masa injury time, Ravi melakukan penyelamatan gemilang. Kiper binaan diklat Ragunan itu berhasil menepis tendangan jarak jauh pemain Myanmar.
 
Hingga turun minum skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan.
 
Masuk babak kedua, timnas U-19 tampil lebih menekan. Namun, anak asuh Indra Sjafri itu mengalami kesulitan untuk bisa menembus solidnya lini pertahanan Myanmar.
 
Myanmar sendiri beberapa kali mampu merepotkan pemain belakang Indonesia. Pergerakan dari Si Thu Aung, Aung Thu serta Maung Maung Soe membuat bek-bek Indonesia harus bekerja keras menghentikan serangan yang dibangun oleh lawan.
 
Pada menit ke-68 Ilham Udin memiliki peluang untuk bisa memperbesar keunggulan bagi Indonesia. Sayangnya, tendangan bebas Ilham masih melambung di atas mistar gawang setelah sebelumnya sempat membentur pagar hidup pemain Myanmar.
 
Skuat 'Garuda Muda' beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk bisa mencetak gol lewat lesatan Evan Dimas dan Ilham Udin. Sayang, sepakan keduanya pada menit ke-78 dan 80 masih melambung di atas mistar gawang.
 
Sampai wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

 

(Riz / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini