00:52 WIB
Jumat, 24 Oktober 2014
Kamis, 4 Juli 2013 18:24 WIB

Martapura FC, Klub Amatir Tanpa Suntikan Dana APBD

Nandang Permana Sidik
Ketua Umum Martapura FC, H.M. Hilman (Jaringnews/Nandang Permana Sidik)
Ketua Umum Martapura FC, H.M. Hilman (Jaringnews/Nandang Permana Sidik)

Saat ini, Martapura FC sedang merajut mimpi untuk promosi ke Divisi Utama.

JAKARTA, Jaringnews.com - Menjadi klub amatir yang mendapat dukungan dari Pemerintah daerah (Pemda) setempat belum berarti tim tersebut menerima bantuan dana APBD. Hal itulah yang terjadi pada Martapura FC yang berkompetisi di Divisi Satu Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI).

Meski sebenarnya peraturan BLAI memperbolehkan Martapura FC menggunakan dana ABPD, namun klub yang satu kota dengan Barito Putera--Kota Banjarmasin--itu memilih memenuhi kebutuhan klub secara profesional, yakni dengan bantuan dari donatur dan penjualan tiket.

"Di daerah kami animo masyarakat bagus. Untuk sekelas tarkam saja mereka mau mengeluarkan uang apa lagi untuk klub seperti Martapura," kata Ketua Umum Martapura H.M.Hilman kepada Jaringnews.com di Kantor BLAI, Kamis (04/7).

Martapura FC saat ini diperkuat oleh 26 pemain yang berasal dari bibit-bibit lokal. Kata Hilman, sesuai dengan tujuannya, Martapura FC didirikan untuk menjadi wadah bagi para pemain bola berbakat agar kedepannya menjadi pemain lokal yang bisa profesional.

Prestasi Martapura sendiri bisa dibanggakan. Saat ini, mereka sedang merajut mimpi untuk promosi ke Divisi Utama. "Kami ingin mengisi tempat di Divisi Utama supaya tidak ada slot kosong setelah Barito Putera yang saat ini di ISL," ujarnya.

Untuk menunjukan bahwa Martapura FC adalah klub profesional, mereka sudah berbentuk PT serta mengajukan diri sebagai tuan rumah putaran kedua babak 24 besar.

"Di kota kami, infrastruktur sudah lengkap. Sayang kalau tidak dimanfaatkan, rugi pemerintah kita sudah membangun. Stadion kami sudah bisa dipakai malam karena lighting nya bagus," ungkapnya.

"Kita sukses penyelenggaraan, sukses prestasi juga, kita ingin menarik simpati pencinta bola sebanyaknya-banyaknya di sana,"

Saat ini, Martapura FC memuncaki klasemen sementara Grup 10 dengan torehan 13 poin dari lima laganya.

(Nps / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini