14:15 WIB
Sabtu, 29 November 2014
Kamis, 2 Mei 2013 16:23 WIB

All German Final Perdana di Liga Champions

Rizki Hidayat
Bayern Munich vs Borussia Dortmund (Foto: Getty Images)
Bayern Munich vs Borussia Dortmund (Foto: Getty Images)

Borussia Dortmund dan Bayern Munich akan saling bentrok di final pada 25 Mei mendatang.

JAKARTA, Jaringnews.com - Secara mengejutkan dua klub asal Jerman, yakni Borussia Dortmund dan Bayern Munich akan saling berhadapan di final Liga Champions musim ini. Torehan itu pun merupakan sejarah baru di dunia sepakbola, karena untuk pertama kalinya All German Final tercipta di Liga Champions.

Dortmund sukses melenggang ke final usai menjungkalkan raksasa La Liga Spanyol, Real Madrid di semifinal. Die Borussen unggul agregat 4-3 atas El Real yang merupakan pemegang sembilan gelar juara di Liga Champions.

Di leg pertama yang dihelat di Signal Iduna Park, tengah pekan kemarin, Dortmund berhasil unggul 4-1 berkat quat-trick Robert Lewandowski. Sementara kala bertandang ke Santiago Bernabeu di laga leg kedua, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB, pasukan Juergen Klopp itu takluk dengan skor 0-2.

Sementara Bayern Munich tampil perkasa kala menjungkalkan tim terbaik di dunia saat ini, Barcelona. The Bavarians mampu melumat Blaugrana dengan keunggulan agregat 7-0.

Pada pertemuan pertama saat menjamu Barca di Allianz Arena, Die Roten merengkuh kemenangan meyakinkan empat gol tanpa balas. Sedangkan saat bertandang ke Camp Nou, Kamis (2/5/2013) dinihari WIB, anak asuh Jupp Heynckes itu membungkam Xavi Hernandez cs dengan skor 3-0.

Hasil itu pun membuat Borussia Dortmund dan Bayern Munich akan saling bentrok di final yang bakal dihelat di Stadion New Wembley pada 25 Mei mendatang. Ini adalah untuk pertama kalinya kedua tim asal Jerman saling berhadapan di final Liga Champions sejak pertama kali digelar pada tahun 1955 silam.

Berdasarkan situs resmi UEFA, pertarungan antar tim senegara di final Liga Champions merupakan untuk keempat kalinya. Spanyol adalah negara pertama yang mampu menempatkan dua klubnya di laga puncak, yakni Real Madrid kontra Valencia di musim 1999/2000.

Disusul All Italian Final yang terjadi di musim 2002/2003 ketika AC Milan sukses mengalahkan Juventus, sesama tim Inggris saat Manchester United berhasil mengalahkan Chelsea di final musim 2007/2008, serta Bayern Munich yang berusua Borussia Dortmund di musim ini.

Meski laga final baru akan dihelat tiga pekan mendatang, namun sejumlah pengamat dan rumah taruhan menjagokan The Bavarians merengkuh trofi Liga Champions. Bahkan, ESPN's Soccer Power Index menyebut persentase kemenangan FC Hollywood atas Dortmund di final adalah 76.6%.

Tak hanya itu, Bayern juga diyakini bakal melanjutkan trend positif klub-klub yang sukses mengalahkan Barcelona di semifinal. Di mana klub tersebut berhasil menjuarai Liga Champions.

Diawali oleh MU di musim 2007/2008, Inter Milan di tahun 2010 dan Chelsea di Liga Champions musim 2011/2012. Namun yang unik dari hasil tersebut adalah Inter dan The Blues berhasil menjadi kampiun setelah membungkam Die Bayern di final.

Kendati begitu, Bayern tak dapat mengganggap remeh kekuatan Borussia Dortmund. Apalagi, The Borussians mampu menyingkirkan Bayern di babak perempatfinal Liga Champions musim 1997/1998 lalu.

Tak hanya itu, barisan pemain muda yang dimiliki oleh armada Juergen Klopp itu seperti Robert Lewandowski, Mario Goetze, Ilkay Gundogan maupun Nuri Sahin dipastikan bakal menjadi ancaman utama bagi Arjen Robben dkk.

Jadi tak heran jika laga yang akan berlangsung di Stadion New Wembley ini diyakini bakal berjalan menarik. Rivalitas antara keduanya di Bundesliga Jerman juga akan menjadi bumbu penyedap pertarungan final musim ini.

(Riz / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini