15:40 WIB
Selasa, 29 Juli 2014
Selasa, 2 April 2013 21:17 WIB

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah AFF U-19 Youth Championship

Nandang Permana Sidik
Ketua Umum PSSI Djohar Arifin (Jaringnews/Dwi Sulistyo)
Ketua Umum PSSI Djohar Arifin (Jaringnews/Dwi Sulistyo)

"FIFA dan AFC mengucapkan selamat kepada Indonesia," ujar Djohar.

JAKARTA, Jaringnews.com - Indonesia menyatakan siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Football Federation (AFF) U-19 Youth Championship tahun 2013 yang rencananya akan digelar bulan Oktober mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin di sela-sela kegiatan pertemuan AFF yang diselenggarakan di Kuantan, Pahang, Malaysia, 2-4 April 2013.  Pertemuan AFF ini selain dimeriahkan dengan AFF Award Night, juga diisi dengan agenda utama, Kongres AFF ke-20.

"Sebelum kongres tadi, saya sudah berbicara informal dengan pengurus AFF, mereka menyatakan bangga bila Indonesia bersedia menjadi tuan rumah AFF U-19 Championship. Saya katakan Indonesia siap. Karena PSSI telah bersatu,” kata Djohar saat dihubungi, Selasa (2/4).

Djohar yang hadir bersama Sekjen PSSI Hadiyandra juga menyampaikan kepada sejumlah presiden federasi sepakbola di ASEAN tentang perkembangan terkini  sepakbola dalam negeri, khususnya setelah kongres luar biasa (KLB) PSSI pada 17 Maret lalu.

"KLB di Indonesia sukses. FIFA dan AFC mengucapkan selamat kepada Indonesia," ujarnya.

Momentum bersatunya PSSI diharapkan Djohar dapat disambut positif oleh rekan-rekannya sesama ketua umum di ASEAN. Terlebih setelah pesebakbola dan klub di Indonesia sama sekali tidak mendapatkan nominasi di ajang AFF Award kali ini. Nominasi AFF Award didominasi Malaysia, Singapura dan Thailand.

"Tapi sekaranglah momentum Indonesia untuk bangkit. Saya berharap teman-teman di AFF ikut mendorong keinginan kami. Dan alhamdulillah mereka semua support,” kata Djohar seraya mengungkapkan bahwa awalnya tuan rumah AFF U-19 akan ditawarkan ke Timor Leste. Namun sejumlah petinggi AFF berubah pikiran dan memilih Indonesia setelah mereka mengetahui sukses KLB di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, President AFF Tengku Abdullah Sultan Haji Ahmad Shah juga menyampaikan salam hangat kepada keluarga besar PSSI di Indonesia atas sukses Indonesia menyatukan kembali semua anggotanya dalam satu wadah. Ke depan ia berharap, Indonesia sebagai salah satu negara pendiri AFF, memberi konstribusi positif bagi kemajuan sepakbola di Asia dan ASEAN khususnya.

(Nps / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini