00:43 WIB
Selasa, 23 Desember 2014
Selasa, 19 Februari 2013 18:29 WIB

Blanco: Pemain Timnas Indonesia Wajib Miliki Mental Juara

Nandang Permana Sidik
Pelatih timnas Indonesia versi BTN, Luis Manuel Blanco (Jaringnews/Nandang Permana Sidik)
Pelatih timnas Indonesia versi BTN, Luis Manuel Blanco (Jaringnews/Nandang Permana Sidik)

"Permainan menyerang sangat cocok untuk sepakbola Indonesia, dan tentunya pemain harus ditanamkan mental juara," kata Blanco.

JAKARTA, Jaringnews.com - Pelatih timnas Indonesia versi Badan Tim Nasionl (BTN), Luis Manuel Blanco mengaku, telah memiliki kerangka tim jelang laga kontra Arab Saudi di kualifikasi Pra Piala Asia 2015 pada 23 Maret mendatang. Namun, Blanco tak menampik jika dia butuh adaptasi dengan gaya permainan punggawa timnas.

"Tapi prinsipnya saya ingin mengenal dulu para pemain yang saya panggil. Bagi saya melawan tim manapun tetap 11 lawan 11," kata Blanco kepada wartawan di kantor BTN, Istora Senayan, Jakarta, Selasa (19/2) sore.

"Saya tidak pernah berpikir tentang lawan. Saya hanya berpikir tim saya bermain seperti yang saya inginkan," sambungnya.

Selain itu, Blanco juga yakin pesepakbola Indonesia memiliki skill yang bagus, karena telah ditempa dalam kompetisi yang ketat. Tapi, dia juga tak menapik jika ingin merengkuh prestasi gemilang, pemain timnas harus memiliki mental juara.

"Tentunya dengan menerapkan bola-bola pendek, tidak berlama-lama dengan bola dan menyerang. Tentunya harus kita siapkan fisik mereka supaya bisa berlari cepat dan kuat. Permainan menyerang sangat cocok untuk sepakbola Indonesia, dan tentunya pemain harus ditanamkan mental juara," ujarnya.

Blanco mengaku saat ini sudah membuat 35 list pemain yang akan dipanggilnya untuk memperkuat timnas menghadapi Arab Saudi. Dari ke-35 nama tersebut nantinya akan di seleksi dan bukan tidak mustahil akan dibuang dan diganti dengan pemain lain.

"Perombakan pasti ada. Kalau masalah kapan saya mendapatkan tim inti, saya kira pemain nantinya yang akan menentukan. Yang penting mereka mau berjuang," tandasnya.

(Nps / Riz)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini