04:37:20 WIB
Minggu, 31 Juli 2016
Kamis, 29 November 2012 , 18:46 WIB

Suporter Malaysia Hina Indonesia, Ini Komentar Pemain

Nandang Permana Sidik
Timnas Indonesia, Jakarta, (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Timnas Indonesia, Jakarta, (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Praktis, hal ini membuat kuping rakyat Indonesia panas.

JAKARTA, Jaringnews.com - Yel-yel provokatif yang dilontarkan suporter Malaysia untuk Indonesia sangat tidak sportif--kalau tak mau dibilang sebagai tindakan tidak terpelajar. Pasalnya, suporter menyebut Indonesia dengan kata-kata yang tidak pantas, bahkan menyamakan pemain timnas dengan binatang.

Adapun yel-yel tersebut dilontarkan suporter Malaysia dalam laga Indonesia lawan Singapura, di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11) malam.

Praktis, hal ini membuat kuping rakyat Indonesia panas. Betapa tidak, sepanjang sejarah Piala AFF, suporter Indonesia belum pernah sekalipun menyebut Malaysia dengan kata-kata sekasar itu.

Ditambah lagi, Sabtu (1/12), Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di partai terakhir penyisihan Grup B Piala AFF.

Nah, Jaringnews.com berhasil menghimpun tanggapan beberapa pemain tentang aksi negatif suporter Malaysia tersebut, Kamis (29/11). Berikut petikannya:

Agung Supriyanto (bomber timnas U-23)
"Seharusnya suporter Malaysia tidak boleh begitu. Bagaimanapun harus saling menghormati negara lain meskipun belakangan ini memang Malaysia selalu menjadi musuh besar Indonesia di Malaysia, dalam hal sepakbola. Suporter menghina pemain saja bisa kena sanksi, apalagi ini menghina nama negara lain dengan sebutan begitu."

Dika Bayangkara (kiper timnas U-23)
"Benar-benar keterlaluan suporter menyebut Indonesia dengan sebutan seperti itu. Tapi, itu merupakan dinamika/atmosfir di dalam sepakbola apalagi mereka tuan rumah. Mari kita tunjukkan kita sebagai suporter yang dewasa, yang menjunjung nilai sportifitas. Jangan mudah terprovokasi. Saya sarankan untuk suporter yang ada di Malaysia supaya menjaga kekompakan untuk timnas Indonesia."

Dio Permana (pemain tengah U-23)
"Kalau menurut saya sih suporter Malaysia mau menjatuhkan mental pemain Indonesia. Insya Allah, kita menang lawan Malaysia."

Hengky Ardiles (pemain klub Semen Padang)
"Marah dan emosi karena kalah mungkin. Itu merupakan teror di luar lapangan. Saya berharap pemain tetap  fokus untuk menghadapi Malaysia nanti."

M. Iskandar (Semen Padang)
"Mereka kalah sama Singapura dan Indonesia menang lawan Singapura. Walaupun itu bukan menjadi tolak ukur, tapi itu bukti kalau mereka masih iri terhadap Indonesia. Coba saja lihat komentar orang-orang Malaysia untuk pemain Malaysia ketika kalah sama Singapura. Pemain di negara mereka saja dihina apalagi negara lain. Tim tamu harus siap mental."

( Nps / Nky )

Berita Terkait

Komentar