06:45 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Kamis, 29 November 2012 18:46 WIB

Suporter Malaysia Hina Indonesia, Ini Komentar Pemain

Nandang Permana Sidik
Timnas Indonesia. Harus siap mental melawan Malaysia.  (Jaringnews/Dwi Sulistyo)
Timnas Indonesia. Harus siap mental melawan Malaysia. (Jaringnews/Dwi Sulistyo)

Praktis, hal ini membuat kuping rakyat Indonesia panas.

JAKARTA, Jaringnews.com - Yel-yel provokatif yang dilontarkan suporter Malaysia untuk Indonesia sangat tidak sportif--kalau tak mau dibilang sebagai tindakan tidak terpelajar. Pasalnya, suporter menyebut Indonesia dengan kata-kata yang tidak pantas, bahkan menyamakan pemain timnas dengan binatang.

Adapun yel-yel tersebut dilontarkan suporter Malaysia dalam laga Indonesia lawan Singapura, di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (28/11) malam.

Praktis, hal ini membuat kuping rakyat Indonesia panas. Betapa tidak, sepanjang sejarah Piala AFF, suporter Indonesia belum pernah sekalipun menyebut Malaysia dengan kata-kata sekasar itu.

Ditambah lagi, Sabtu (1/12), Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia di partai terakhir penyisihan Grup B Piala AFF.

Nah, Jaringnews.com berhasil menghimpun tanggapan beberapa pemain tentang aksi negatif suporter Malaysia tersebut, Kamis (29/11). Berikut petikannya:

Agung Supriyanto (bomber timnas U-23)
"Seharusnya suporter Malaysia tidak boleh begitu. Bagaimanapun harus saling menghormati negara lain meskipun belakangan ini memang Malaysia selalu menjadi musuh besar Indonesia di Malaysia, dalam hal sepakbola. Suporter menghina pemain saja bisa kena sanksi, apalagi ini menghina nama negara lain dengan sebutan begitu."

Dika Bayangkara (kiper timnas U-23)
"Benar-benar keterlaluan suporter menyebut Indonesia dengan sebutan seperti itu. Tapi, itu merupakan dinamika/atmosfir di dalam sepakbola apalagi mereka tuan rumah. Mari kita tunjukkan kita sebagai suporter yang dewasa, yang menjunjung nilai sportifitas. Jangan mudah terprovokasi. Saya sarankan untuk suporter yang ada di Malaysia supaya menjaga kekompakan untuk timnas Indonesia."

Dio Permana (pemain tengah U-23)
"Kalau menurut saya sih suporter Malaysia mau menjatuhkan mental pemain Indonesia. Insya Allah, kita menang lawan Malaysia."

Hengky Ardiles (pemain klub Semen Padang)
"Marah dan emosi karena kalah mungkin. Itu merupakan teror di luar lapangan. Saya berharap pemain tetap  fokus untuk menghadapi Malaysia nanti."

M. Iskandar (Semen Padang)
"Mereka kalah sama Singapura dan Indonesia menang lawan Singapura. Walaupun itu bukan menjadi tolak ukur, tapi itu bukti kalau mereka masih iri terhadap Indonesia. Coba saja lihat komentar orang-orang Malaysia untuk pemain Malaysia ketika kalah sama Singapura. Pemain di negara mereka saja dihina apalagi negara lain. Tim tamu harus siap mental."

(Nps / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Kamis, 29 November 2012 21:23 WIB
man

smoga tim pemain timnas tidak terpengaruh atas hinaan itu Kalau perlu bunuh aja sekalian yg ngina indonesia ....

Kamis, 29 November 2012 21:25 WIB
man

wajar aja mereka nghina indonesia kan merka badan besar otak kecil Umur sudah tua pikiran anak kecil

Jumat, 30 November 2012 07:54 WIB
Suwarno

Buat Saudara saya suporter yang ada di Malaysia jangan terpancing dengan yel-yel suporter Malaysia yang memang tidak pantas didengar, mari tunjukan bahhwa kita adalah suporter yang menjunjung tinggi sportifitas dan buat para pemain kami dukung sepenuhnya dan semoga berhasil.

Jumat, 30 November 2012 09:27 WIB
vampire

malingsia ... bkan negara ... kumpulan orang2 ... gila ...

Jumat, 30 November 2012 12:06 WIB
Rizal

Buat indonesia jangan terpengaruh atas yel yel malasya... Harus tenang fokus buatlaga lawan malasia,,,,,, Smogga indonesia. Menang.........

Jumat, 30 November 2012 13:02 WIB
maya

TIMNAS buktikan kemenangan kita di malaysia...para suporter indonesia kita akan membalas malaysia se usai menang dr malaysia OK ^_^

Jumat, 30 November 2012 16:20 WIB
kanguje

pepatah mangatakan ; semakin tinggi pohon semakin tinggi angin menerpa. Timnas Indonesia, suporter Timnas Indonesia, dan masyarakat Indonesia, semoga tidak terprovokasi dengan yel-yel suporter Malaysia yang menghina Indonesia, do'a kami semoga Timnas Garuda Indonesia MERAIH KEMENANGAN atas malaysia, dan manjadi juara Piala AFF 2012.

Jumat, 30 November 2012 17:10 WIB
dimass

ya jgn mau terprovokasi,,,,emang sih sakit dengernya tapi jgn sampe kita smua balas sperti itu juga ntar mlah kita yg masuk prmainannya,,,mngkin itu suatu alibi agar kita menanggapi ejekan mreka dgn ejekan pula,,,ya q harap sabar n profesional,,,jgn nambah dibodohi

Minggu, 2 Desember 2012 08:04 WIB
Anak negeri

Sepanjang PSSI dipimpin org yg tdk profesional jgn berharap PSSI bisa berprestasi & akan selalu diremehkan dan jadi bulan2an negara lain..Saran sy bekukan kepengurusan PSSI saat ini minta ijin FIFA utk intervensi dibolehkan krn kondisi darurat, buat komite independen & profesional utk membentuk kepengurusan yg lebih profesional libatkan konsultan dari negara para juara sepak bola demi PSSI yg lebih baik dan profesional

Selasa, 4 Desember 2012 13:49 WIB
amie

.hmmm .emang malasia itu spertii itu .dia cuma iri sma kita

Selasa, 18 Desember 2012 16:02 WIB
waduh waduh

indon ^^

Selasa, 18 Desember 2012 16:02 WIB
waduh waduh

indon ^^

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini