23:06 WIB
Senin, 24 November 2014
Selasa, 31 Januari 2012 22:56 WIB

Gubernur Kalteng: Sistem yang Ciptakan Peluang untuk Korupsi

Ralian Jawalsen Manurung
Berantas Korupsi
Berantas Korupsi

Teras sepakat bahwa korupsi adalah kejahatan yang luar biasa yang perlu ditangani secara luar biasa pula.

JAKARTA, Jaringnews.com - Korupsi terjadi karena sistem, bukan dilakukan secara spontan dan serta merta. Karenanya, perlu pembenahan sistem sehingga tidak terjadi penyimpangan yang mengakibatkan maraknya perilaku korupsi.

"Bayangkan saja, orang yang bekerja sebagai pegawai negeri selama 35 tahun lebih, uang pensiunnya kalah dengan pensiun DPR yang hanya lima tahun bekerja," ujar Gubernur Kalimantan Tengah Agustinus Teras Narang dalam seminar bertajuk 'Melenyapkan Korupsi dari Bumi Indonesia' di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Cawang, Jakarta, Selasa (31/1).

Dia mengatakan, telah terjadi keadilan dalam sistem remunerasi yang selama ini diterapkan. Namun, hal ini harus dijalankan lebih baik lagi, sehingga dengan sistem yang lebih baik masalah korupsi di Indonesia bisa dieliminir.

"Bisa saja terjadi korupsi, karena sistem tersebut yang menciptakan korup dan membuka peluang untuk melakukan korupsi," terang mantan Ketua Komisi III DPR tersebut.

Dia mengungkapkan, selama memangku jabatan gubernur Kalteng, dia sangat mengapresiasi pegawai negeri sipil (PNS) di jajarannya yang masih mau melayani masyarakat dengan segala keterbatasan fasilitas.

"Awalnya saya tidak menyukai pekerjaan PNS, akan tetapi setelah saya masuk di dalam jajaran PNS, saya salut. Di tengah keterbatasan tersebut mereka mau bekerja dan melayani dengan baik," ujarnya.

Teras sepakat bahwa korupsi adalah kejahatan yang luar biasa yang perlu ditangani secara luar biasa pula. Oleh karena itu, dia sangat tidak mentolerir persoalan korupsi.

"Bila ingin membersihkan korupsi maka yang perlu dibenahi masalah sistem sehingga tidak terulang kembali orang melakukan korupsi," ujar alumnus Fakultas Hukum UKI itu.

(Ral / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini