01:12 WIB
Sabtu, 19 April 2014
Jumat, 11 Oktober 2013 12:01 WIB

Ahli Hukum: Pemilik Saham Minoritas Bisa Gugat Pemilik Mayoritas

Ainur Rahman
Ilustrasi
Ilustrasi

Pemegang saham mayoritas yang mendukung direksi juga ikut bertanggung jawab secara tidak langsung.

JAKARTA, Jaringnews.com - Ahli Hukum Usaha Julius Jimmy menyatakan bahwa pemegang saham minoritas memiliki hak untuk menggugat keputusan yang dibuat pemegang saham mayoritas, jika pemegang saham minoritas mencukupi sepersepuluh dari persentase kepemilikan saham, sebagaimana diatur dalam UU no 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

"Jika ada indikasi pelanggaran yang dilakukan oleh pemegang saham mayoritas yang bersifat pidana maupun perdata, jika tidak dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, maka pemegang saham minoritas berhak untuk mengajukan gugatan," kata Julius kepada Jaringnews.com terkait Sidang sengketa antar pemegang saham PT Sumalindo Lestari Jaya hari ini.

Penjelasan saksi ahli ini seakan justru memperkuat dan menguntungkan gugatan yang dilakukan penggugat karena memberikan alasan legal yang sangat jelas akan hak dan kewenangan pemegang saham minoritas dalam konteks sengketa terhadap pemegang saham mayoritas.  ?
?
Menurut pengacara Agustinus Dawarja, pemegang saham minoritas berwenang menggugat pemegang saham mayoritas dan direksi dan komisaris jika akibat perbuatan mereka perseoran dirugikan. Ketika ketentuan pasal 3 ayat 2 UU No. 40 tahun 2007 terpenuhi maka pemegang saham dapat dimintakan pertanggungjawabannya secara pribadi melebihi kepemelikan sahamnya.?

?Pengacara penggugat yang lain, Danggur konrandus, menjelaskan bahwa direksi bertanggung jawab penuh terhadap semua kebijakan dan keputusan perusahaan, baik pidana maupun perdata. Pemegang saham mayoritas yang mendukung direksi juga ikut bertanggung jawab secara tidak langsung.

"Bahkan, ada fakta material yang disembunyikan oleh direksi dan komisaris pada waktu divestasi saham dan tidak dibahas dalam RUPS," kata Danggur.?

?Sebagaimana diketahui, gugatan perdata pemegang saham publik PT SULI dilayangkan oleh pemegang saham publik, Deddy Hartawan Jamin kepada 11 tergugat yaitu PT Sumalindo Lestari Jaya (SULI), Amir Sunarko, David, Lee Yuen Chak, Ambran Sunarko, Setiawan Herliantosaputro, Kadaryanto, Harbrinderjit Singh Dillon, Husni Heron, Sumber Graha Sejahtera, Kantor Jasa Penilai Publik Benny, Desmar dan Rekan.

Gugatan dilakukan karena pemilik saham minoritas SULI merasa dirugikan dan dipermainkan oleh manajemen SULI yang dimiliki saham mayoritasnya oleh Putra Sampoerna dan Hasan Sunarko. Manajemen PT SULI dianggap mengabaikan asas-asas good coorporate governance, selain juga dianggap banyak mengabaikan keputusan hukum yang sudah berlaku sehingga merugikan banyak pihak.?

(Ara / Nky)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini