22:42 WIB
Jumat, 22 Agustus 2014
Rabu, 19 Oktober 2011 20:02 WIB

Kepala Viking Ditemukan Di Skotlandia

Johannes Sutanto de Britto
Kapal Viking (Foto: Ilustrasi)
Kapal Viking (Foto: Ilustrasi)

LONDON, Jaringnews.com - Para arkeolog gabungan dari Inggris dan Skotlandia menemukan sisa-sisa kepala seorang Viking yang dikubur bersama kapak, pedang, tombak dan perahu vikingnya di sebuah semenanjung terpencil Skotlandia.
 
Viking adalah suku bangsa dari Skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang, peladang dan paling terkenal sebagai perompak. Mereka biasa menjadi perampok  setelah gagal berniaga.
 
Menurut sejumlah literatur, pada 800 SM dan 1050 SM suku ini biasa menjarah, menduduki dan berdagang di sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa dan pesisir timur laut Amerika Utara serta bagian timur Eropa sampai ke Rusia dan Konstantinopel.
 
Sebagaimana diberitakan Washington Post, Rabu, 19/10, perahu dan isinya ditemukan oleh tim arkeolog dari Universitas Manchester dan Leicester yang bekerjasama dengan organisasi Arkeologi warisan budaya Skotlandia dan konsultan Arkeologi CFA.
 
Kapal Viking adalah kapal yang dibuat di zaman Viking pada tahun 1000 S M di Eropa Utara. Kapal-kapal di zaman Viking terkenal mampu berlayar dengan cepat di sungai maupun di laut. Ciri khasnya adalah adanya lambang kepala naga di depan kapal. Lambang itu menggambarkan bangsa Viking yang tidak mengenal rasa takut.
 
Direktur penelitian Hannah Cobb mengatakan, penemuan ini melebihi harapan. Sebelumnya perahu Viking serupa telah ditemukan di Inggris.
 
Temuan kali ini  terdiri dari cincin perungggu, pisau, batu asahan, tembikar di semenanjung Ardnamurchan di pantai barat Skotlandia.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini