09:54 WIB
Minggu, 26 Oktober 2014
Rabu, 6 November 2013 08:00 WIB

Menlu Australia Klaim Hubungan dengan Indonesia Baik-baik Saja

Johannes Sutanto de Britto
Menlu Australia, Julie Bishop (Foto: Ist)
Menlu Australia, Julie Bishop (Foto: Ist)

"Saya tidak menemukan keretakan".

SYDNEY, Jaringnews.com - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop membantah adanya keretakan antara Australia dengan Indonesia karena kasus spionase akhir-akhir ini. Ia pun menegaskan siap untuk hadir di Forum Demokrasi Bali. Acara tahunan yang didirikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008 guna mempromosikan perkembangan demokrasi di kawasan Asia-Pasifik ini akan digelar pada 7-8 November. Bishop akan akan berbicara dengan topik "Pembangunan dan Penguatan Kelembagaan Demokrasi".

Pernyataan Bishop ini dimaksudkan untuk meredakan hubungan Canberra dengan Jakarta yang dalam beberapa hari terakhir ini berada di bawah tekanan setelah adanya laporan penggunaan pos diplomatik untuk pengumpulan informasi intelijen.

Masalah ini diperparah dengan laporan yang mengutip dokumen dari whistleblower Amerika, Edward Snowden, yang secara gamblang menunjukkan bahwa Australia dan Amerika Serikat melancarkan operasi pengawasan bersama pada Indonesia sejak tahun 2007.

Jakarta marah dan mengatakan akan mengusulkan rancangan resolusi di Majelis Umum PBB guna meninjau ulang kerjasama bilateral dengan Australia. Meskipun mengakui kemarahan Jakarta, Bishop membantah hubungan telah menjadi retak.

"Saya tidak menemukan keretakan," katanya kepada televisi ABC. "Saya berharap memiliki percakapan yang sangat produktif dengan Dr Natalegawa dan menteri Indonesia lainnya."

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari