16:41 WIB
Sabtu, 20 Desember 2014
Rabu, 11 Januari 2012 11:14 WIB

AS Dan Perancis Kecam Pidato Assad

Johannes Sutanto de Britto
Presiden Suriah Bashar al-Assad
Presiden Suriah Bashar al-Assad

Konspirasi internasional penyebab kerusuhan di Suriah.

DAMASKUS, Jaringnews.com - Amerika Serikat dan Perancis bereaksi keras atas pidato Presiden Suriah Bashar al-Assad yang dinilai provokatif dan menuding konspirasi internasional sebagai penyebab segala kerusuhan di Suriah.

Seperti diketahui, pidato Assad sangat keras menuding konspirasi lokal dan internasional untuk merongrong kekuasaannya.

"Kami tidak akan bersikap lunak terhadap mereka yang bekerja sama dengan kekuatan asing melawan negara," seru Bashar al-Assad.

Pidato keras ini langsung mendapatkan reaksi Amerika Serikat yang menilai Assad telah melemparkan tanggung jawabnya ke pihak lain.

"Assad berhasil menuding kekuatan asing melakukan konspirasi yang terkait situasi krisis di Suriah, termasuk Liga Arab, sebagian besar oposisi Suriah dan seluruh komunitas internasional," kata juru bicara Kemenlu AS, Victoria Nuland.

Hal senada diungkapkan oleh Menlu Perancis Alain Juppe. Sementara itu, reaksi pemimpin oposisi Dewan Nasional Suriah, Burhan Ghalioun menilai Assad  benar-benar masih berniat untuk mempertahankan kekuasaannya. Ia jelas-jelas mengingkari janjinya untuk mengikuti rencana Liga Arab.

Liga Arab juga ikut bereaksi terutama terkait serangan orang tak dikenal pada tim pengamat Liga Arab. Dua pengamat dari Kuwait diserang orang tak dikenal saat mereka menuju kota pelabuhan Latakia, salah satu kubu terkuat Assad.

"Gagal memberikan perlindungan pada para pemantau merupakan kejahatan yang dilakukan pemerintah Suriah," tegas juru bicara Liga Arab.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari