13:08 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Jumat, 21 Oktober 2011 18:04 WIB

NTC: Gaddafi Ditembak Loyalisnya Sendiri

Johannes Sutanto de Britto
Drainase tempat Gaddafi bersembunyi
Drainase tempat Gaddafi bersembunyi

TRIPOLI, Jaringnews.com - Kepala Komite Eksekutif Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya, Mahmoud Jibril, mengklarifikasi kematian Kolonel Muammar Gaddafi.

Gaddafi ditangkap tanpa perlawanan di Sirte, barat Misrata atau sekitar 450 kilometer sebelah timur Tripoli. Saat ditangkap ia mengenakan baju coklat, celana panjang dan bersenjatakan pistol

Jibril menegaskan, Gaddafi ditarik keluar dari lubang drainase di Sirte dalam keadaan sehat walafiat. Saat ditangkap ia hanya mengalami luka tembak di bagian tangan kanannya. Ia tidak menderita cedera lainnya sebelum truk bergerak.

Ketika truk bergerak, tiba-tiba saja ada serangan dari kelompok loyalis. Baku-tembak antara kaum revolusioner dan tentara loyalis (Gaddafi) tidak bisa dihindari.

Pada saat baku-tembak berlangsung, Gaddafi tertembak di bagian kepalanya. Jibril tidak bisa memastikan siapa penembaknya, apakah pejuang NTC atau pasukan loyalis Gaddafi.

NTC menduga, pembunuh Gaddafi adalah para loyalisnya yang tidak ingin Gaddafi disiksa dalam keadaan hidup-hidup.

Tuduhan bahwa Gaddafi disiksa para pejuang NTC dibantah tim medis NTC. Dokter tidak menemukan tanda-tanda kekerasan atau luka memar di wajah Gaddafi.

Temuan NTC ini nantinya akan disampaikan ke Mahkamah Pidana Internasional beserta bukti-bukti dan gambar yang ada karena Mahkamah Pidana Internasional menduga pejuang NTC telah menganiaya Gaddafi hingga tewas.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini