21:02 WIB
Jumat, 29 Agustus 2014
Rabu, 30 Januari 2013 16:57 WIB

Oposisi Mesir Serukan Dialog Langsung dengan Presiden

Johannes Sutanto de Britto

Mesir di ambang keruntuhan.

KAIRO, Jaringnews.com - Mohamed ElBaradei, seorang tokoh oposisi terkemuka di Front Keselamatan Nasional, menyerukan pembicaraan darurat dengan pemimpin Mesir guna mengatasi krisis politik yang melanda negara itu.

"Kami ingin pertemuan langsung antara presiden, menteri pertahanan, partai yang berkuasa, gerakan Salafi dan Front Keselamatan Nasional untuk mengambil langkah-langkah penting untuk mengakhiri kekerasan dan memulai dialog yang serius," kata ElBaradei dalam aku tweeternya, Rabu, 30/1.

Seruan tokoh opoisisi memang ditunggu-tunggu mengingat Mesir kini sudah di ambang keruntuhan akibat konflik oposisi dengan tentara.

Lima puluh dua orang tewas dalam lima hari kekerasan yang meletus mulai Kamis malam pekan lalu di Mesir, sementara negara menandai ulang tahun kedua dari awal pemberontakan menggulingkan mantan Presiden Hosni Mubarak. Jam malam telah diberlakukan di tiga provinsi yaitu Port Said, Ismailiya dan Suez.

Bentrokan berdarah dan sebagian besar kematian terjadi di Port Said akibat kerusuhan pecah yang pecah Sabtu pekan lalu setelah 21 pendukung klub sepakbola setempat dijatuhi hukuman mati karena peran mereka dalam kerusuhan sepakbola yang mematikan tahun lalu.
 

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini