20:49 WIB
Jumat, 19 September 2014
Jumat, 27 April 2012 16:00 WIB

Israel: Percuma, Sanksi Seberat Apapun Tak Akan Bikin Iran Kapok

Budi Fernando Tumanggor
Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak
Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak

Perundingan ini justru malah memberi kelonggaran kepada Iran.

YERUSALEM, Jaringnews.com – Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menegaskan, sanksi apapun yang dijatuhkan kepada Iran tak akan mengentikan Iran mengembangkan program pengayaan uranium, atau disebut Israel dan negara lain dengan upaya pengembangan senjata nuklir.

Namun, Barak mengakui, sanksi perdagangan dan perbankan yang diberikan pada Iran saat ini lebih keras dan ketat dari sebelumnya. Ini terbukti perundingan yang akhirnya dilakukan Iran dengan kelompok negara P5+1, yakni AS, Inggris, Perancis, China, Rusia dan Jerman. Menurut Barak, perundingan berikutnya pada 23 Mei mendatang di Baghdad akan menjadi babak baru yang penting dalam mengakhiri konflik berkepanjangan.

Meski begitu, tetap saja, Barak masih meragukan adanya kesungguhan dan komitmen Iran. “Apakah dengan sanksi dan tekanan masyarakat internasional kepada Iran akan mengurangi atau menghentikan program nuklirnya atau tidak, masih belum dapat dibuktikan,” ungkap Barak dalam sambutannya di salah satu acara peringatan hari kemerdekaan Israel, Jumat (27/4).

Dia menambahkan, program pengayaan uranium yang diduga Israel sebagai pengembangan senjata nuklir pasti akan dapat memicu perlombaan senjata nuklir di kawasan Timur Tengah.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan, perundingan ini justru malah memberi kelonggaran kepada Iran. Menurut dia, jelang perundingan, Iran justru memiliki waktu lima minggu untuk terus melakukan pengayaan uraniumnya tanpa batasan dan hambatan apapun.

(Bft / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini