14:06 WIB
Minggu, 23 November 2014
Senin, 19 Maret 2012 14:02 WIB

Israel Yakin Iran Bangun Fasilitas Nuklirnya dalam Bunker

Johannes Sutanto de Britto
Fasilitas nuklir Iran (Foto :Ist)
Fasilitas nuklir Iran (Foto :Ist)

Para pejabat Israel pada dasarnya mendukung serangan Israel terhadap Iran.

YERUSALEM, Jaringnews.com - Para pejabat Israel sepakat dengan AS bahwa Teheran belum menghentikan pembangunan proyek bom nuklirnya. Ketegasan Israel ini ditegaskan oleh  pejabat pertahanan senior dan tokoh pemerintah Israel.  Mereka tetap yakin bahwa Iran telah membangun fasilitas nuklirnya selama bertahun-tahun. Israel pun hingga kini masih mengisyaratkan akan melancaran serangan militernya terhadap instalasi nuklir Iran yang berlokasi di bawah tanah.

Saat ini situasinya memamg makin dilematis, Amerika Serikat yang telah mendesak Israel untuk membatalkan serangan pada Iran ternyata menemui jalan buntu, meski AS telah berjanji akan menerapkan sanksi yang lebih keras lagi pada Teheran. Sebaliknya, Iran justru membandel dan tetap pada pendirinya bahwa mereka tidak membangun fasilitas bom nuklir. Dengan sanksi ekonomi pun,  Iran justru mendapat keuntungan banyak karena harga minyak justru makin membumbung tinggi.

Beberapa pejabat senior Israel yang berbicara dalam beberapa hari terakhir ini menegaskan bahwa Israel memiliki bukti kuat proyek nuklir Iran. Bukti-bukti itu tersimpan rapi para intelijen Israel.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Minggu kemarin siapapun yang menimbulkan terorisme dan kekerasan di seluruh dunia harus dihancurkan, termasuk Iran yang mengembangkan program nuklirnya. Ia berkeyakinan bahwa program nuklir itu di dalam bunker.

Para pejabat Israel tetap berkeyakinan bahwa proyek Iran menjadi ancaman bagi kelangsungan hidup. Selain itu, program bom nuklir Iran bisa memicu perlombaan senjata di kawasan tersebut. Karena itu, para pejabat Israel pada dasarnya mendukung serangan Israel terhadap Iran.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini