21:12 WIB
Rabu, 23 Juli 2014
Selasa, 21 Februari 2012 09:33 WIB

Dunia Harus Tekan Israel Bebaskan Pemogok Makan Palestina

Johannes Sutanto de Britto
Protes menuntut pembebasan Khader Adnan  (Foto: AP)
Protes menuntut pembebasan Khader Adnan (Foto: AP)

Para pemimpin dunia diminta tekan Israel  agar segera membebaskan Khader Adnan.

RAMALLAH, Jaringnews.com  - Juru runding Palestina Saeb Erekat pada Senin kemarin mendesak para pemimpin dunia untuk menekan Israel  agar segera membebaskan Khader Adnan (34), seorang tahanan asal Palestina yang melakukan aksi mogok makan selama 65 hari atas penahanannya yang tanpa alasan.

"Saya mengirim pesan kepada Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton dan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Catherine Ashton hari ini dan berbicara juga dengan utusan Uni Eropa dan Cina," kata Erakat.

"Saya meminta mereka semua untuk campur tangan dalam kasus Adnan. Mereka harus menekan Israel untuk membebaskan dia, "katanya.

Israel telah menangkap seorang tukang roti bernama Adnan pada 17 Desember di dekat kota Tepi Barat utara Jenin,  tempat dimana ia pernah menjabat sebagai juru bicara kelompok militan Islam.

Sebagaimana diberitakan Jaringnews sebelumnya, ia mulai menolak makanan sehari setelah penangkapannya. Hingga kini ia telah melakukan mogok makan selama sembilan minggu.

Para pemimpin dunia memang telah menyatakan kekhawatiran atas nasib para tahanan yang ditahan tanpa dakwaan di bawah prosedur yang dikenal sebagai "penahanan administratif” oleh Israel. Para pejabat Palestina telah memperingatkan bahwa kematiannya dalam tahanan dapat memicu reaksi kekerasan.
 

(Deb / Deb)

Berita Terkait

  • Tidak ada berita

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini