14:46 WIB
Jumat, 19 September 2014
Kamis, 2 Januari 2014 14:36 WIB

Kapal Induk China Kembali dari Aksinya di Laut China Selatan

Johannes Sutanto de Britto
Gugusan Pulau  Senkaku (Foto: panoramio.com)
Gugusan Pulau Senkaku (Foto: panoramio.com)

Misi ini dilakukan pada saat meningkatnya ketegangan antara China dan negara-negara tetangganya atas sengketa teritorial.

BEIJING, Jaringnews.com - Kapal induk pertama Beijing telah kembali dari misi pelatihan di Laut China Selatan  yang berlangsung selama 37 di tengah meningkatnya ketegangan regional.

Kapal induk The Liaoning kembali ke rumahnya di pelabuhan Qingdao setelah melakukan serangkaian uji coba dengan pesawat terbang, kapal angkatan laut dan kapal selam.

"Kapal induk China pertama itu berhasil menyelesaikan 37 hari pengujian dan pelatihan di Laut China Selatan," tulis Xinhua merujuk pada pernyataan Kementerian Pertahanan.

Misi ini dilakukan pada saat meningkatnya ketegangan antara China dan negara-negara tetangganya atas sengketa teritorial.

Beijing menyatakan hak pertahanan udara lebih banyak lagi di Laut China Timur pada November lalu yang mengundang reaksi keras dunia internasional.

China juga mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan, bahkan daerah yang dekat dengan pantai negara tetangganya.

Selama misi pelatihan Washington telah mengeluarkan protes resmi setelah para pejabat militer mengatakan kapal perang AS terpaksa melakukan manuver untuk menghindari tabrakan dengan kapal angkatan laut China.

The Liaoning adalah kapal yang dibeli dari Ukraina.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini