01:13 WIB
Jumat, 31 Oktober 2014
Senin, 10 September 2012 10:11 WIB

1 Orang Tewas Bunuh Diri Setiap 40 Detik

Elizabeth Priscillia
Ilustrasi
Ilustrasi

Data dari WHO menunjukkan rata-rata satu juta orang di seluruh dunia bunuh diri setiap tahun.

JAKARTA, Jaringnews.com - Hari ini, Senin 10 September, diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Internasional. Ide yang merupakan inisiatif dari International Association for Suicide Prevention dan didukung oleh World Health Organization ini bertujuan meningkatkan kesadaran dunia akan tingkat bunuh diri serta mendorong terbentuknya kebijakan pencegahan bunuh diri di setiap negara.

Laporan PBB yang dikeluarkan baru-baru ini menunjukan, sekitar satu juta orang bunuh diri setiap tahun. Jumlah ini jauh lebih besar dari jumlah kematian akibat perang dan pembunuhan.

“Data dari WHO menunjukkan rata-rata satu juta orang di seluruh dunia bunuh diri setiap tahun. Ini berarti satu kasus bunuh diri untuk setiap 40 detik,” demikian laporan Who yang dirilis Sabtu (7/9), menjelang peringatan hari pencegahan bunuh diri internasional, hari ini (10/9).

Jumlah percobaan bunuh diri tahun 2011 juga 20 kali lebih tinggi dari di tahun 2010. WHO melihat bahwa 5 % orang di seluruh dunia mencoba bunuh diri sekurangnya sekali selama hidup mereka.

Menurut Dr. Shekhar Saxena, ketua tim pembuat laporan, tingkat bunuh diri meningkat tajam di beberapa belahan bumi dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa negara mengalami lonjakan tajam hingga 60 %, demikian dilansir dari healthland.time.com

Tingkat bunuh diri tertinggi terjadi di negara-negara Eropa Timur seperti Lithuania dan Rusia. Sedangkan tingkat terendah terjadi di Amerika Latin. AS, negara-negara Eropa Barat dan Asia berada pada tingkat menengah.

Secara global, kasus bunuh diri menjadi penyebab kematian kedua seluruh dunia di kalangan remaja berusia 15-19 tahun, dengan sekurangnya 100.000 remaja bunuh diri setiap tahun.

Di antara orang dewasa, tingkat kasus bunuh diri paling tinggi terjadi di kalangan orang berusia 75 tahun ke atas. Menurut WHO, orang lanjut usia memiliki niat bunuh diri lebih tinggi dan menggunakan berbagai cara bunuh diri yang lebih mematikan dari pada orang muda dan kelompok lansia tersebut juga memiliki tingkat bertahan hidup yang lebih rendah.

(Eli / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini