04:16 WIB
Selasa, 25 November 2014
Sabtu, 28 April 2012 11:12 WIB

Pojokkan Pemerintah Korut, Korsel Beberkan Bukti-bukti Foto Satelit

Johannes Sutanto de Britto
Salah satu foto yang diambil Stasiun Satelit Sohae (Foto: 38north.org)
Salah satu foto yang diambil Stasiun Satelit Sohae (Foto: 38north.org)

Foto-foto belum bisa memberikan indikasi tentang kapan peluncurannya.

SEOUL, Jaringnews.com - Gambar satelit terbaru menunjukkan ada banyak aktivitas berlangsung di lokasi uji coba nuklir Korea Utara, tetapi hal itu tidak mengindikasikan tentang kapan tes uji coba nuklir akan diluncurkan. Saat ini ada spekulasi luas bahwa Korut dapat saja melakukan uji coba nuklir yang lainnya setelah tes kegagalan peluncuran roketnya pada 13 april lalu.

Situs 38 North menunjukkan foto-foto dari satelit di lokasi Punggye-ri dekat pantai timur. Situs ini berkeyakinan bahwa Korea Utara terus melakukan uji coba nuklirnya.

Foto-foto belum bisa memberikan indikasi tentang kapan peluncurannya, demikian ditegaskan situs yang didanai AS-Korea Institute Johns Hopkins School of Advanced International Studies.

Dikatakan gambar yang diambil oleh perusahaan swasta pada 18 April lalu ini merupakan bukti terbaru atas upaya Korut melakukan uji coba nuklirnya.

"Tudingan dari Korea Selatan dan Amerika Serikat jelas yaitu melakukan percobaan nuklir," terang kantor berita Yonhap mengutip pernyataan para pejabat Pentagon.

Kantor berita resmi Korut mengatakan pemimpin Kim Jong-Un kini intensif mengamati latihan militer yang melibatkan tank, pesawat dan artileri di tengah ancaman terus oleh Seoul. Korut, seperti diberitakan Jaringnews.com sebelumnya, telah mengancam akan melakukan perang suci melawan pemerintah konservatif Korsel sebagai pembalasan atas penghinaan yang dirasakan selama bulan ini.

(Deb / Deb)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini