15:03 WIB
Jumat, 18 April 2014
Minggu, 1 April 2012 11:39 WIB

KTT ASEAN ke-20 Fokus Bahas Integrasi Ekonomi di Tengah Krisis Dunia

Budi Fernando Tumanggor
Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan
Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan

Dalam KTT ASEAN ke-20 pada 3-4 April 2012 mendatang, akan dibahas tentang integrasi ekonomi Asia Tenggara.

JAKARTA, Jaringnews.com - KTT ASEAN ke-20 yang akan digelar pada 3-4 April 2012 mendatang di Phnom Penh, Kamboja, akan membahas tentang integrasi ekonomi kawasan Asia Tenggara di tengah krisis finansial dunia.

"Pembahasan masalah ekonomi dan integrasi ASEAN kali ini cukup kritikal, terutama bila dikaitkan dengan kerja sama internal dan eksternal ASEAN dalam menghadapi situasi perekonomian dunia saat ini," ungkap Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan dalam keterangan tertulis yang diterima Jaringnews.com di Jakarta, Minggu (1/4).
 
Dia menambahkan, pertemuan KTT ASEAN akan diawali dengan diskusi tentang kondisi perekonomian global dan regional Asia Tenggara. Indonesia, lanjut dia, rencananya akan menekankan perlunya negara-negara ASEAN untuk bersikap lebih sensitif terhadap tekanan yang dihadapi pelaku bisnis di kawasan ASEAN dewasa ini.

"ASEAN juga perlu memberi perhatian pada fakta, bahwa banyak negara di dunia kini mengincar ASEAN sebagai pasar bagi produk mereka yang mengalami penurunan permintaan dari Eropa dan AS," ungkap pria yang juga menjabat kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal ini.

Bagi dia, investor mancanegara semakin menilai ASEAN sebagai bagian dari pusat pertumbuhan ekonomi baru di Asia Timur, antara lain karena negara-negara mitra ASEAN seperti China dan Korea menegaskan ASEAN berperan penting dalam percaturan perdagangan dunia.

"Policy-mix yang tepat bagi ASEAN diperlukan untuk menjawab tantangan yang ada saat ini," pungkas pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965 ini.

KTT ASEAN kali ini juga akan membahas kemajuan sekaligus tantangan yang dihadapi menuju terciptanya ASEAN Economic Community 2015.

(Bft / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini