11:35 WIB
Jumat, 25 April 2014
Selasa, 20 Desember 2011 16:38 WIB

Tes Kejiwaan, Apakah Anda Masih Waras Atau Sudah Gila

Karta Raharja Ucu
Jeruk bisa menditeksi tingkat kejiwaan seseorang
Jeruk bisa menditeksi tingkat kejiwaan seseorang

Penciuman merupakan indera pertama yang hilang saat seseorang menjadi gila.

JAKARTA, Jaringnews.com - Coba perhatikan orang-orang disekeliling Anda? Mungkin bila secara fisik tidak ada yang aneh dari orang-orang disekitar Anda, tetapi apakah Anda tau bagaimana kondisi mental dan kejiwaan mereka? Penasaran ingin tahu apakah orang-orang disekitar Anda memiliki bakat gila atau tidak? Anda bisa menggunakan metode buah jeruk.

Ya, bila Anda ragu akan tingkat kegilaan rekan Anda, coba sodorkan sebuah jeruk kepada orang yang ingin Anda uji. Mintalah dia mencium jeruk tersebut. Bila dia mengatakan selain bau jeruk, misalnya bau daging, Anda harus curiga. Pasalnya, ia mungnkin saja ia mengalami gangguan mental alias gila.

Cara unik menguji tingkat kewarasan tersebut adalah temuan tim dari Colombia University, Amerika Serikat. Selain aroma jeruk, ada sembilan lagi bahan yang bisa dipakai untuk menguji tingkat kejiwaan seseorang, diantaranya lilac, kulit, cengkeh, mentol, nanas, gas alami, sabun, dan stroberi.

Para peneliti berpendapat, penciuman merupakan indera pertama yang hilang saat seseorang menjadi gila.

Sebanyak 150 orang yang minimal memiliki kerusakan tingkat kesadaran menjadi responden dalam penelitian itu. Para responden yang memiliki bakat gila ternyata tidak memiliki kemampuan mengindentifikasi 10 aroma tersebut.

Ketua penelitian Dr. Revanand, mengatakan uji coba ini akan membantu mendiagnosis awal. ”Penelitian ini sangat penting bagi pasien dan keluarga untuk menentukan perawatan,” katanya.

Namun, profesor Tim Jacob, ahli penciuman dari Cardiff University, menyarankan agar dilakukan uji coba lain yang sudah lebih dulu direkomendasikan secara medis. Alasannya, penciuman bisa dipengaruhi banyak hal, misalnya karena flu atau demam.

(Kru / Kru)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini