07:00 WIB
Rabu, 22 Oktober 2014
Selasa, 27 November 2012 16:39 WIB

Perawat Asal Indonesia Lebih Disukai Orang Jepang

Achmad Adhito Hatanto
Pameran bursa kerja perusahaan Jepang di Gedung Departemen Kesehatan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Selasa, (27/11)  (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)
Pameran bursa kerja perusahaan Jepang di Gedung Departemen Kesehatan Sumber Daya Manusia, Jakarta, Selasa, (27/11) (Jaringnews/ Dwi Sulistyo)

Perawat asal negara lain seperti Filipina banyak menuntut hak.

JAKARTA, Jaringnews.com – Di Jepang, perawat asal Indonesia lebih disukai daripada yang berasal dari sejumlah negara lain. Itu disebabkan sejumlah faktor. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Tritarayati, di Jakarta hari ini.

Apa saja faktor-faktor tersebut? Jawab dia, perawat asal Indonesia lebih sabar, ramah, dan tekun. Selain itu, mereka pun tidak terlalu banyak menuntut.

Berlainan dengan itu, Tritarayati mengatakan, perawat asal negara lain seperti Filipina banyak menuntut hak. Itu mungkin karena perawat Filipina dibesarkan dalam lingkungan dengan kultur mirip di negara seperti Amerika Serikat.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa Kementerian Kesehatan RI akan meningkatkan ataupun memerbaiki pelatihan untuk perawat yang akan bekerja dan belajar di Jepang via program Ijepa (Indonesia Japan Economic Partnership).  Perbaikan itu meliputi segi kemampuan berbahasa Jepang, regulasi ketenagakerjaan di Jepang, dan lain-lain sejenis.

Kalau dulu pelatihan tersebut berdurasi tiga bulan, sekarang enam bulan. “Selain itu, di Jepang, mereka mendapatkan lagi pelatihan selama enam bulan. Maka, total waktu pelatihan itu satu tahun,” ucap dia.

Dengan perbaikan itu, kata Tritarayati, perawat tersebut lebih siap untuk mengikuti ujian registrasi di Jepang. Dan bila lulus, mereka dimungkinkan untuk bekerja lebih lama di negara tersebut.

(Dhi / Ara)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini