11:35 WIB
Jumat, 25 April 2014
Rabu, 21 Maret 2012 15:38 WIB

Mengunyah Permen Karet Banyak Manfaatnya, Lho

Aliza Marcella
Striker Manchester United Dimitar Berbatov mengunyah permen karet.
Striker Manchester United Dimitar Berbatov mengunyah permen karet.

Ketika Anda mengunyah permen karet, mulut meproduksi air liur lebih banyak, sehingga menetralkan asam lambung.

JAKARTA, Jaringnews.com - Bagi Anda yang sempat mengecap masa-masa tahun 1980-an hingga 1990-an, tentu tak asing dengan Lupus, tokoh dalam novel karangan Hilman Hariwijaya yang berujudul sama, yang sempat diangkat ke layar lebar dan juga sinetron. Lupus digambarkan sebagai sosok tampan, banyak akal dan jahil. Kebiasaannya: memakai baju yang gombrong dan mengulum permen karet.

Untuk kebiasannya yang terakhir ini, tak hanya Lupus, semua orang juga gemar melakukannya. Orang kerap mengunyah permen karet untuk menyegarkan mulut.

Ternyata, permen karet pun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaat dari mengunyah permen karet? Berikut ulasannya, seperti dilansir Boldsky:

1. Menurunkan berat badan
Salah satu fakta mengejutkan dari permen karet ialah membantu menurunkan berat badan. Permen karet rendah kalori merupakan pilihan yang baik karena bebas lemak dan membantu membakar lemak. Mengunyah permen karet juga dapat membantu Anda untuk mengontrol rasa lapar, karena permen karet mengendalikan napsu makan dan membakar sekitar 11 kalori per jam.

2. Memperbaiki sistem pencernaan
Mengunyah permen karet membantu mobilitas usus. Ketika Anda mengunyah permen karet, mulut meproduksi air liur lebih banyak, sehingga menetralkan asam lambung. Gangguan pencernaan bisa dicegah.

3. Kesehatan mulut
Bila Anda mengunyah permen karet, Anda mulai menghasilkan air liur di mulut, Air liur dapat membantu mencegah kerusakan gigi, rongga mulut, serta menjaga kesehatan mulut. Pastikan Anda memilih permen karet bebas gula untuk menghindari kerusakan gigi. Pemanis buatan dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan juga merusak gigi.

4. Memutihkan gigi
Salah satu manfaat kesehatan dari permen karet ialah Anda membantu memutihkan gigi Anda dan memperkuat rahang. Dengan mengunyah permen karet, napas menjadi segar dan mencegah noda terakumulasi pada gigi.

Sekedar catatan, meski permen karet mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan, pastikan Anda tiadak mengkonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, kebiasaan tersebut bisa berdampak buruk bagi tubuh.

(Aml / Nky)

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini