04:38 WIB
Jumat, 25 April 2014
Selasa, 20 Maret 2012 12:43 WIB

Sering Melamun Berarti Memiliki Otak yang Cerdas

Aliza Marcella
Ilustrasi
Ilustrasi

Kapasitas memori otak penting untuk membuat seseorang fokus pada pilihan masalah yang sulit untuk dipecahkan.

AMERIKA SERIKAT, Jaringnews.com - Apakah Anda sering melamun? Nah, jika sering, hal ini mungkin bisa jadi perhatian Anda. Baru-baru ini diketahui bahwa orang yang sering berimajinasi memiliki otak yang tajam alias cerdas.

Meski temuan sebelumnya menyimpulkan melamun dapat mengakibatkan hilangnya memori, penelitian terbaru yang dilakukan para ilmuwan menunjukkan, orang yang melamun saat sedang melakukan sesuatu berarti otaknya memililki kemampuan memori yang bekerja lebih banyak, hingga mampu melakukan dua hal di saat bersamaan.

Adalah Daniel Levinson, psikolog di University of Winsconsin-Madison, Amerika Serikat, yang mengatakan hal tersebut. “Orang yang punya kapasitas memori otak lebih tinggi mengaku pikirannya lebih sering melayang (melamun) ketika sedang melakukan tugas sederhana. Dan pekerjaan tersebut tidak akan terganggu oleh lamunan mereka," ujarnya seperti dilansir Medicmagic.

Kesimpulan ini ditarik setelah melalukan penelitian yang melibatkan beberapa peserta. Peserta diharuskan melakukan tes sederhana, yakni diminta menekan tombol jika sebuah kata muncul di layar komputer dengan waktu yang sudah disesuaikan.

Para peneliti pun memeriksa secara teratur, untuk melihat apakah pikiran peserta 'berkelana' ketika diminta melakukan hal tersebut. Di akhir penelitian, ilmuwan mengukur kapasitas memori kerja peserta dan memberikan nilai untuk kemampuan mengingat. Lalu, ilmuwan juga menyertakan tes sederhana matematika bagi para peserta.

Hasil penelitian ini diterbitkan secara online di Psychological Science. Kesimpulannya, peserta yang sering melamun saat melakukan tes malah memiliki kapasitas memori otak yang lebih tinggi. Studi ini juga menunjukkan kapasitas memori otak penting untuk membuat seseorang fokus pada pilihan masalah yang sulit untuk dipecahkan.

So, sering melamunkah Anda?

(Aml / Nky)
Diurutkan berdasarkan:
Senin, 7 Januari 2013 09:45 WIB
yohki

thankz you ini brarti bgiku

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini