23:31 WIB
Rabu, 20 Agustus 2014
Jumat, 28 Desember 2012 08:31 WIB

Bintik Merah di Kulit? Bisa Jadi Gejala Gatal-gatal Karena Alergi

Aliza Marcella
Hives, bisanya gatal meninggalkan tanda di seluruh permukaan kulit (Foto - amazonaws.com)
Hives, bisanya gatal meninggalkan tanda di seluruh permukaan kulit (Foto - amazonaws.com)

Makanan adalah faktor yang paling umum yang dapat menyebabkan reaksi alergi

JAKARTA, Jaringnews.com - Hives atau gatal-gatal dapat disebabkan banyak faktor, termasuk alergi terhadap bulu binatang, serbuk sari, obat-obatan atau makanan tertentu. Hives juga dikenal sebagai 'urtikaria', yang merupakan penyakit yang ditandai dengan bintik-bintik merah gatal dan pembengkakan.

Jika Anda memiliki alergi makanan, tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap protein berbahaya dalam makanan tertentu. Pada dasarnya, gatal merupakan bagian dari reaksi alergi yang kompleks dalam tubuh Anda ketika ada zat yang dianggap berbahaya, seperti dilansir Medicmagic (26/12).

A. Efek
Hives, biasanya gatal yang meninggalkan tanda di seluruh permukaan kulit. Setelah tubuh mendeteksi alergen, tubuh melepaskan histamin, yang menyebabkan gatal. Histamin merupakan senyawa nitrogen organik yang terlibat dalam respon imun lokal serta mengatur fungsi fisiologis dalam usus dan bertindak sebagai 'neurotransmitter'.

Histamin memicu respon inflamasi. Sebagai bagian dari respon kekebalan terhadap patogen asing, histamin dihasilkan oleh basofil dan sel mast (sel yang mengandung granula yang kaya akan histamin dan heparin) ditemukan dalam jaringan ikat di dekatnya. Histamin meningkatkan permeabilitas kapiler ke sel-sel darah putih dan beberapa protein, untuk memungkinkan mereka mengikutsertakan patogen pada jaringan yang terinfeksi.

Gejala sendiri akan muncul segera setelah Anda makan, atau beberapa jam setelah Anda makan.

B. Alergi makanan
Makanan adalah faktor yang paling umum yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada anak-anak seperti telur, susu, kacang, kedelai, gandum, dan beberapa jenis makanan laut seperti kerang, udang, lobster dan kepiting.

C. Cari tahu penyebab
Menulis buku harian untuk konsumsi Anda sehari-hari dan merekam kondisi Anda saat merasa gatal. Dengan demikian, Anda dapat mengidentifikasi penyebab dari gejala-gejala alergi secara akurat.

D. Tanyakan ahli
Dokter dapat mengidentifikasi makanan yang menyebabkan alergi, terutama jika Anda dapat memberikan jurnal rinci mengenai kebiasaan makan Anda. Atau jika tidak, dokter dapat melakukan tes untuk menentukan alergen, tetapi hal ini tidak semudah yang dibayangkan karena banyak faktor, seperti imunologi, biokimia dan faktor fisiologis yang dapat mempengaruhi apakah Anda memiliki reaksi alergi dan juga berbagai potensial alergen.

Hasilnya, dokter mungkin menyarankan Anda untuk merujuk ke ahli gizi yang dapat membantu mengidentifikasi masalah makanan. Setelah Anda menemukan alergen, seorang ahli diet atau ahli gizi juga dapat membantu Anda menemukan pengganti makanan sehat untuk setiap makanan yang menyebabkan gatal-gatal pada tubuh Anda.

(Aml / Mys)
Diurutkan berdasarkan:
Senin, 29 April 2013 11:53 WIB
fahry

thankz kk ats sarannya

Jumat, 5 Juli 2013 18:13 WIB
giyo

smpah, aq lgi kna pnyakit ini... Ternyata alergi ama kacang dan telur...

Selasa, 23 Juli 2013 20:27 WIB
Sabun Herbal Hazelia

Terima kasih untuk info nya :) http://sabunherbalhazelia.wordpress.com/

Berikan komentar anda:

Masukan kode dibawah ini
  
  • Terpopuler
  • Terkomentari